May 27, 2013

silabus dta nurul iman

SILABUS PEMBELAJARAN
  DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH NURUL IMAN
MATA PELAJARAN            :  AQIDAH AKHLAK
KELAS                                   :  I
SEMESTER                           :  I (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/ BAHAN/ ALAT
KET
1.     Mengenal rukun Iman

Memahami dan meyakini rukun Iman dan dapat mempraktekkannya  dalam kehidupan sehari-hari

-     Pengertian rukun Iman
-     Enam rukun Iamn
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap rukun iman

-    Guru menjelaskan pengertian rukun Iman siswa menyimak dengan baik
-    Guru menyebutkan 6 (enam) rukun iamn siswa meniirukannya secara berulang-ulang sampai hafal
-    Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap rukun iman

-     Menyebutkan tentang dalil naqli tetang Allah
-     Mengungkapkan alasan dan bukti sederhana tentang adanya Allah
-     Menunjukan perilaku yang mencerminkan sikap penjiwaan terhadap adanya Allah

Jenis tes
a.     Tertulis (Pengertian hadis)

Bentuk ulangan harian
Instrumen
-     Isian
-     Uraian terbatas

b.   Lisan/perbuatan

Bentuk tugas individu Instrumen

lembar pengamatan


Buku Aqidah Akhlak MDA untuk kelas I
Karangan :
M. Sumitro S.Pd.I dkk
Buku yang relevan

2.     sifat Allah. Allah  itu ada (wujud)

Mengimani dan meyakini adanya Allah dengan alasan dan bukti-bukti yang sederhana serta dapat menerapakn dalam kehidupan sehari-hari
-     Sifat Allah wujud atau Allah itu ada
-     Allah maha ESA
-    Guru menjelaskan tentang adanya Allah SWT
-    Guru menjelaskna Alasan (logika) sederhana tentang adanya Allah
-    Guru memberikan contoh perilaku yang menerminkan sikap penjiwaan terhadap adanya Allah

-     Menyebutkan arti keesaan Allah
-     Menyebutkan alasan dan bukti-bukti sederhana tentang keesaan Allah SWT
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap terhadap keesaan Allah


3.     Allah maha Esa (Wahdaniyah)










-    Guru menjelaskan tentang arti keesaan Allah
-    Guru menjelaskan tentang alasan dan bukti-bukti sederhana tentang keesan Allah
-    Guru memberi contoh perilaku yang mencerminkan sikap terhadap keesaan Allah




4.     Iman kepada malaikat
Memahami dan meyakini Adanya Malaikat Allah

-     Pengertian dan logika ssederhana tentang adanya malaikat
-     Nema dan tugas malaikat
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap adanya malaikat

-    Guru menjelaskan tentang pengertian dan alasan (logika) sederhana tentang adanya malaikat
-    Siswa secara berulang-ulang menyebutkan nama malaikat beserta tugasnya sampai hafal
-    Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap adanya malaikat

-     Menyebutkan alasan (logika) ssederhana tentang adanya malaikat
-     Menyebutkan nama-nama malaikat beserta tugasnya
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap adanya malaikat

Jenis tes
a. Tertulis
(Pengertian hadis)

Bentuk ulangan harian
Instrumen
-     Isian
-     Uraian terbatas

b. Lisan/  perbuatan
Bentuk
tugas individu
Instrumen

lembar pengamatan




5.     Allah Maha Besar

-     Kisah Nabi Adam AS
-     Keteladanan Nabi Adam AS
-     Contoh

-    Guru menjelaskan tentang Allah Maha Besar dan Maha Suci
-    Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap Allah Maha besar dan Allah Maha Suci

-     Menyebutkan pengertian Allah Maha Besa
-     Menyebutkan pengertian Allah Maha Suci
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap Allah Maha Besar dan Maha Suci




6.     Kisah Nabi Adam AS
Memahami kehidupan Rosul Allah
-     Sabar, jujur, pemaaf dan lemah lembut
-     Hikmah memiliki sifat sabar, jujur, pemaaf dan lemah lembut
-    Guru menceeritakkan kisah Nabi Adam AS
-    Guru menjelaskan hikmah atau keteladanan yang dapat diambil dari kisah Nabi Adam AS
-    Guru menyarankan agar siswa bisa mencerminkan sikap ketauladanan Nabi Adam AS
-     Menceritakan s kembali kisah Nabi Adam AS
-     Mengungkapkan hikmah atau keteladanan yang dapat diambil daaari kisah Nabi Adam AS
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap keteladanan Nabi Adam AS




7.     Sifat terpuji sabar, jujur, pemaaf dan lemah lembut
Membiasakan diri dengan sifat sabar, jujur, pemaaf dan lemah lembut






-    Guru menjelaskan sifat terpuji sabar, jujur, pemaaf dan lemah lembut
-    Guru menjelaskan hikmah memiliki sifat sabar, jujur, pemaaf dan lemah lembut
-     Menyebutkan pengertian sifat sabar, jujur, pemaaf dan lemah lembut
-     Hikmah memiliki sifat sabar, jujur, pemaaf dan lemah lembut



8.     Sifat tercela dusta dan khiyanat
Terbiasa menjauhi sifat dusta dan khiyanat
-     Contoh perilaku mencerminkan sifat sabar, jujur, pemaaf dan lemah lembut

-     Dusta dan khiyanat
-     Akibat-akibat dusta dan khiyanat
-     Contoh perilaku dusta dan khiyanat
-    Guru menyarankan kepada siswa supaya memiliki sifat sabar, jujur, pemaaf dan lemah lembut

-    Guru menjelaskan tentang sifat tercela dusta dan khiyanat
-    Guru dan siswa tanya jawab tentang sifat dusta dan khiyanat
-    Guru menyarankan siswa agar menjauhkan diri dari sifat dusta dan khiyanat
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap sabar, jujur, pemaaf dan lemah lembut

-     Menyebutkan pengertian dusta dan khiyanat
-     Akibat memiliki sifat dusta dan khiyanat
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi sifat ssdusta dan khiyanat

Jenis tes
a. Tertulis
(Pengertian hadis)

Bentuk ulangan harian
Instrumen
-     Isian
-     Uraian terbatas

b. Lisan/  perbuatan
Bentuk
tugas individu
Instrumen

lembar pengamatan




9.     Adab belajar di rumah dan di sekolah
Membiasakan diri belajaar dengan baik
-     Adab belajar di rumah
-     Adab belajar di madrasah
-     Contoh perilaku mencerminkan sifat rajin belajar
-    Guru menjelaskan adab belajar di rumah dan di madrasah
-    Guru dan siswa tanya jawab mengenai adab belajar di rumah dan di madrasah
-    Siswa secara berulang-ulang menghafal do’a sebelum dan sesudah belajar
-     Menyebutkan kebiasan baik sebelum dan sesudah belajar baik dirumah maupun di madrasah
-     Menunjukkan perilaku tekun belajar dan mensyukuri nikmat Allah
-     Melafalkan do’a sebelum dan sesudah belajar dengan fasih




10.   Ta awudz
Membiasakan diri dengan ta’awudz
-     Ta’awudz
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap ta’awudz
-    Guru menjelaskan bacaan ta’awudz dan siswa menirukan bacaan yang di contohkan oleh guru
-    Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap pernyataan terhadap ta’awudz
-     Melafalkan ta’aaawudz dengan fasih
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap ta’awudz








MATA PELAJARAN            : AQIDAH AKHLAK
KELAS                                   : I
SEMESTER                           : II (Genap)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/ BAHAN/ ALAT
KET
1.    Sifat Alah maha melihat, maha mendengar, maha mengetahui

Memahami dan meyakini bahwa Allah maha melihat, maha mendengar dan maha mengetahui

-     Allah maha melihat, maha mendengar dan maha mengetahui
-     Contoh perilaku yang menceerminkan sikap bahwa Allah maha melihaat, maha mendengar dan maha mengetahui

-    Guru menjelaskan tentang Allah maha melihat, maha mendengar dan maha mengetahui
-    Siswa menyimak penjelasan guru
-    Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap bahwa Allah maha melihat, maha mendengar dan maha mengetahui

-     Menyebutkan alasan (logika) dalil naqli dan bukti sederhana bahwa Allah maha melihat, maha mendengar dan maha mengetahui
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap Allah maha melihat, maha mendengar dan maha mengetahui

Jenis tes
a. Tertulis
(Pengetahuan)

Bentuk ulangan harian
Instrumen
-     Isian
-     Uraian terbatas


Buku Aqidah Akhlak MDA untuk kelas I
Karangan :
M. Sumitro S.Pd.I dkk
Buku yang relevan

2.    Allah maha pengasih lagi maha penyayang

Memahami bahwa Allah maha pengasih laagi maha penyayang

-     Allah maha pengasih lagi maha penyayang
-     Contoh perilaku pengasih dan penyayang

-    Guru menjelaskan tentang Allah maha pengasih lagi maha penyayang
-    Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan Allah maha pengasih lagi maha penyayang
-     Menyebutkan alasan (logika) dalil naqli dan bukti sederhana bahwa Allah maha pengasih lagi mah penyayang
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap pengasih dan penyayang

b. Lisan/  perbuatan
Bentuk
tugas individu
Instrumen




3.    Jin, syetan dan iblis
Memahami dan meyakini adanya jin, syetan dan iblis
-     Asal kejadin jin, syetan dan iblis beserta sifatnya
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi sifat jin, syetan dan iblis


-     Menyebutkan asal kejadian jin, syetan dan iblis beserta sifatnya
-     Menunjukkan perilaku yang menerminkan sikap menjauhi sifat jin, syetan dan iblis
lembar pengamatan




4.    Kisah Nabi Nuh AS
Meneladani kisah Nabi Nuh As

-     Kisah Nabi Nuh AS
-     Hikmah yang dapat diambil dari kisah Nabi Nuh AS
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap meneladani kehidupan Nabi Nuh AS


-     Menceritakan kembali kisah Nabi Nuh As
-     Menyebutkan hikmah yang dapat di ambil dari kisah Nabi Nuh As
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap meneladani kehidupan Nabi Nuh AS

Jenis tes
a. Tertulis
(Pengertian hadis)

Bentuk ulangan harian
Instrumen
-     Isian
-     Uraian terbatas




5.    Sifat terpuji sederhana, hemat dan optimis

Membiasakan hidup sederhana, hemat dan optimis
-     Pengertian sederhana, hemat dan optimis
-     Contoh perilaku yang menceerminkan hidup sederhan, hemat dan optimis


-     Menyebutkan pengertian sederhan, hemat dan optimis
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap hidup sederhana, hemat dan optimis

b. Lisan/  perbuatan
Bentuk
tugas individu
Instrumen




6.    Kisah nabi Ismail As

Meneladani kisah Nabi Ismail AS

-     Kisah Nabi Ismail AS
-     Hikmah yang dapat diambil dari kisah Nabi Ismail AS
-     Contoh perilaku yang menceerminkan sikap memlihara kehidupan Nabi Ismail AS

-     Menceritakan kembali kisah Nabi Ismail AS
-     Menyebutkan hikmah yang dapat diambil dari kisah Nabi Ismail AS
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap mengalami kehidupan Nabi Ismail AS

Lembar pengamatan



7.    Sifat tercela malas dan sombong
Terbiasa menjauhi sifat malas dan sombong
-     Pengertian malas dan sombong
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi sifat malas dan bohong

-     Menyebutkan pengertian malas dan sombong
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi sifat malas dan sombong




8.    Adab mandi

Membiasakan mandi dan berpakaian dengan baik

-     Adab/tata cara mandi dan berpakaian
-     Contoh perilaku yang mencerminkan kebersihan dan kerapihan

-     Menyebutkan tata cara mandi dan berpakain yang baik
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap mencintai kebersihan dan kerapihan

Jenis tes
a. Tertulis

b. Lisan/ 





9.    Basmallah dan Hamdallah

Membiasakan diri dengan kalimah basmallah dan hamdallah
-     Pengertian basmallah dan hamdallah
-     Contoh perilaku yang menceerminkan sikap penghayatan terhadap basmallah dan hamdallah


-     Melafalkan bacaan basmallah dan hamdallah
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap basmallah dan hamdallah





MATA PELAJARAN            : AQIDAH AKHLAK
KELAS                                   : II
SEMESTER                           : I (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/ BAHAN/ ALAT
KET
1.    Alloh maha dahulu berbeda dengan makhluk dan maha pemelihara

Memahami dan meyakini bahwa Allah itu maha dahulu berbeda dengan makhluk dan maha pemelihara dengan benar

-     Pengertian Allah Maha dahulu, berbeda dengan makhluk dan Allah Maha Pemelihara

-    Guru menjelaskan pengertian Allah Maha Dahulu
-    Allah Maha berbeda dengan makhluk
-    Allah  Maha Pemelihara
-    Contoh prilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap Allah Maha Dahulu

Menyebutkan pengertian
-     Allah Maha Dahulu
-     Allah berbeda dengan makhluk
-     Allah Maha Pemelihara
Menunjukan perilaku yang menceerminkan sikap penghayatan terhadap Allah Maha Dahulu berbeda dengan makhluk dan Allah Maha Pemelihara

Jenis tes
a. Tertulis
c. Pengetahuan

Bentuk ulangan harian
Instrumen
-     Isian
-     Uraian terbatas
b. lisan/  perbuatan
Bentuk
tugas individu
Instrumen

lembar pengamatan


Buku Aqidah Akhlak MDA untuk kelas II
Karangan :
M. Sumitro S.Pd.I dkk
Buku yang relevan

2.     Iman kepada Allah

Memahami dan meyakini kitab-kitab Allah dan mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari

-     Pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
-     Nama-nama kitab Allah dan penerimaannya
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap mengimani kitab Allah

-    Guru menjelaskan pengertian kitab Allah
-    Tanya jawab tentang nama nama-nama kitab Allah dan penerimanya
-    Memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap mengimani kitab Allah

-     Menyebutkan pengertian iman kepada Kitab Allah
-     Menyebutkan nama-nama kitab Allah dan penerimanya
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap mengimani kitab Allah





3.     Kisah Nabi Yunus
Meneladani  kehidupan kisah Nabi  Yunus AS
-     Kisah Nabi Yunus AS
-     Hikmah yang dapat di ambil dari kisah nabi Yunus AS
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap meneladani kehiudpan Nabi Yunus AS
-    Guru menceritakan kisah Nabi Yunus AS
-    Siswa menyimak cerita Nabi Yunus As
-    Guru memberikan contoh yang menceerminkan sikap meneladani kehidupan Nabi Yunus AS
-     Menceritakan kembali kisah Nabi Yunus As
-     Menyebutkan hikmah yang dapat diambil dari kisah Nabi Yunus As
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap meneladani Nabi Yunus As




4.     Syukur adil dan ikhlas

Membiasakan diri dengan sikap terpujir






-     Pengertian syukur, adil dan ikhlas
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap syukur, adil dan ikhlas


-     Siswa dapat mengeetahui tentang syukur, adil dan ikhlas
-     Siswa dapat menunjukkan perilaku yang menceeerminkan sikap syukur, adil dan ikhlas

Jenis tes
a. Tertulis
(Pengertian hadis)

Bentuk ulangan harian
Instrumen
-     Isian
-     Uraian terbatas

b. Lisan/  perbuatan
Bentuk
tugas individu
Instrumen

lembar pengamatan




5.     Kisah Nabi  Daud AS

Siswa mampu meneladani perilaku Rosul dalam kisah rosul dengan benar

-     Kisah Nabi Daud AS
-     Hikmah yang dapat di ambil dari kisah Nabi Daud AS
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap meneladani kehiudpan Nabi Daud AS


-     Siswa dapat menceritakan kembali kisah Nabi Daud AS
-     Siswa dapat menyebutkan pelajaran yang diambil  dalam kisah Nabi Daud AS
-     Siswa dapat menunjukkan perilaku yang menceerminkan sikap meneladani kehidupan Nabi Daud AS





6.     Tamak dan Boros

Siswa mampu dan terbiasa menjauhkan diri dari sifaat tercela
-     Pengertian tamak
-     Pengertian boros
-     Contoh perilaku yang menceerminkan sifat boros


-     Siswa dapat menyebutkan pengertian sifat tamak dan boros dengan benar
-     Siswa dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi sifat tamak dan boros





7.     Adab di jalan
Siswa mampu membiasakn tertib dan sopan di jalan dengan baiks














-     Kebiasaan yang baik jika berjumpa dan berpisah
-     Hal-hal yang baik dilakukan ketika berada dijalan
-     Menunjukkan perilaku yang tertib dan sopan di jalans

-     Siswa dapat menyebutkan kebiasaan yang baik jika berjumpa dan berpisah
-     Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang baik dilakukan ketika berada di jalan
-     Siswa dapat menunjukan perilaku yang tertib dan sopan di jalan











STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/ BAHAN/ ALAT
KET
8.     Kalimat thayibah










9.     Adab sebelum dan sesudah tidur






Siswa mampu membiasakan diri mengucapkan kalimat thayyibah dalam kehidupan sehari-hari






Membiasakan diri dengan adab sebelum dan sesudah tidur
-     Kalimat istighfar tasbih dan tahlil
-     Perilaku yang mencerminkan sikap sebagai penjiwaan terhadap istighfar, tasbih dan tahlil
-     Bacaan istighfar
-     Bacan tasbih
-     Bacaan tahlil

-     Kebiasaan yang baik sebelum dan sesudah tidur
-     Sikap penghayatan terhadap kebiasaan yang baik sebelum dan sesudah tidur

-     Siswa dapat menghafal kalimat istighfar, tasbih dan tahlil dengan fasih
-     Siswa dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap sebagai penjiwaan terhadap istighfar, tasbih dan tahlil
-     Siswa dapaat menulis bacaan istighfar, tasbih dan tahlil dengan benar

-     Siswa menyebutkan kebiasaan yang baik dilakukan sebelum dan sesudah tidur
-     Siswa dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhdap adab sebelum dan sesudah tidur
Jenis tes
a. Tertulis
(Pengertian hadis)

Bentuk ulangan harian
Instrumen
-     Isian
-     Uraian terbatas

b. Lisan/  perbuatan
Bentuk
tugas individu
Instrumen








MATA PELAJARAN            : AQIDAH AKHLAK
KELAS                                   : II
SEMESTER                           : II (Genap)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/ BAHAN/ ALAT
KET
1.    Iman Kepada Allah SWT
Siswa mampu memahami dan meyakini bahwa Allah maha kekal, Allah berdiri sendiri dan Allah maha hidup penyelamat dan pemberi rizki dengan alasan dan bukti yang sederhana

-     Alasan secara logis bahwa Allah maha kekal, berdiri sendiri, maha hidup, penyelamat dan pemberi rizki
-     Bukti sederhana bahwa Allah maha kekal, berdiri sendiri, maha hidup, penyelamat dan pemberi rizki
-     Perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Alah maha kekal, Allah berdiri sendiri, Allah maha hidup, Alah penyelamat dan pemberi rizki

-     
-     Siswa dapat menyebutkan alasan secara logis bahwa Allah maha kekal, berdiri sendiri, maha hidup, penyelamat dan pemberi rizki
-     Siswa dapat menyebutkan bukti sederhana bahwa Allah maha kekal, berdiri sendiri, maha hidup, penyelamat dan pemberi rizki
-     Siswa dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan bahwa Allah maha kekal, berdiri sendiri, maha hidup, penyelamat dan pemberi rizki
Jenis tes
a. Tertulis
c. Pengetahuan

Bentuk ulangan harian
Instrumen
-     Isian
-     Uraian terbatas

b. lisan/  perbuatan
Bentuk
tugas individu
Instrumen

lembar pengamatan


Buku Aqidah Akhlak MDA untuk kelas II
Karangan :
M. Sumitro S.Pd.I dkk
Buku yang relevan

2.    Iman kepada Rosul
Siswa mampu bagaiman dan meyakini adanya rosul

-     Pengertian Rosul
-     Sifat-sifat rosul
-     Arti dan sifat-sifat rosul

-     
-     Siswa dapat menyebutkan pengertian rosul
-     Siswa dapat menyebtukan sifat-sifat rosul
-     Siswa dapat menyebtukan arti dan sifat-sifat rosul





3.    Kisah Nabi Yusuf AS

Siswa mampu meneladani prilaku Rosul nabi Yusuf AS

-     Kisah nabi Yusuf AS
-     Pelajaran yang dapat diambil dari kisah Nabi Yusuf AS
-     Perilaku yang mencerminkan sikap keteladanan kehiduapn Nabi Yusuf AS

-     
-     Siswa dapat menceritakan kembali kisah Nabi Yusuf AS
-     Siswa dapat menyebutkan pelajaran yang dapat diambil dari kisah Nabi Yusuf AS
-     Siswa dapat menunjukkan perilaku yang menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap keteladanan kehidupan Nabi Yusuf AS

Jenis tes
a. Tertulis
(Pengertian hadis)

Bentuk ulangan harian
Instrumen
-     Isian
-     Uraian terbatas

b. Lisan/  perbuatan
Bentuk
tugas individu
Instrumen

lembar pengamatan




4.    Kisah Nabi  Daud AS

Siswa mampu membiasakan diri dengan sifat khusyu, tawadhu dan qona’ah

-     Arti khusyu   dan qona’ah
-     Sifat khusyu tawwadhu dan qona’ah

-     
-     Siswa dapat menyebutkan arti khusyu, tawadhu dan qona’ah
-     Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku yang mencerminkan sifat khusyu tawadhu dan qona’ah





5.    Hasud dan kikir

Siswa mampu menjauhkan diri dari sifat hasud dan kikir

-     Hasud dan kikir

-     
-     Siswa dapat menyebtukan arti hasud dan kikir dengan benar
-     Siswa dapat menunjukan perilaku yang menceerminkan sikap menjauh dari sifat hasud dan kikir





6.    Adab di mesjid
Siswa mampu membiasakn memuliakan mesjid dengan benar
-     Pengertian mesjid
-     Ketika akan masuk mesjid
-     Adab di dalam mesjid
-     Adab ketika keluar dari mesjid
-     
-     Siswa dapat menghafalkan do’a masuk dan keluar mesjid dengan fasih dan benar
-     Siswa dapat menyebtukan hal-hal yang baik ketika berada di mesjid
-     Siswa dapat mempraktekkan perilaku yang mencerminkan sikap memuliakan mesjid




7.    Kalimat tarji dan istinsya

Siswa mampu membiasakan diri mengucapkan kalimat tarji dan istinsya

-     Kalimat tarji
-     Kalimat istinsya
-     
-     Siswa dapat melafalkan kalimat tarji dan istinsya dengan fasih
-     Siswa dapat menulis kalimat tarji dan istinsya dengan benar
-     Siswa dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan penjiwaan terhadap kalimat tarji dan istinsya dengan benar
Jenis tes
a. Tertulis

b. Lisan/ 







MATA PELAJARAN            : AQIDAH AKHLAK
KELAS                                   : III
SEMESTER                           : I (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/ BAHAN/ ALAT
KET
1.    Alloh berkuasa dan maha kuasa

Memahami dan meyakini bahwa Allah berkuasa dan maha kuasa

-     Alasan sederhana bahwa Allah berkuasa dan maha kuasa
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap materi bahwa  Allah berkuasa dan maha kuasa


-     Menyebutkan alasan (logika) sederhana bahwa Allah berkuasa dan maha kuasa
-     Menunjukkan sikap perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap materi bahwa Allah berkuasa dan maha kuasa

Jenis tes
a. Tertulis
c. Pengetahuan

Bentuk ulangan harian
Instrumen
-     Isian
-     Uraian terbatas

b. lisan/  perbuatan
Bentuk
tugas individu
Instrumen

lembar pengamatan



Buku Aqidah Akhlak MDA untuk kelas II
Karangan :
M. Sumitro S.Pd.I dkk
Buku yang relevan

2.    Allah
Memahami dan meyakini bahwa Allah berkehendak dan maha berkehendak

-     Alasan (logika) sederhana bahwa Allah berkehendak dan maha berkehendak
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap materi bahwa Allah berkehendak dan maha berkehendak


-     Menyebutkan alasan (logika) sederhana bahwa Allah berkehendak dan maha berkehendak
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap materi bahwa Allah berkehendak dan maha berkehendak






3.    berkehendak dan maha berkehendak


Alasan (logika) sederhana bahwa Allah maha membukakan (pemberi jalan keluar

-     Menyebutkan alasan(logika) sderhana bahwa Allah maha membukakan (pemberi jalan keluar)





4.    Allah maha membukakan
Memahami dan meyakini bahwa Allah maha membukakan
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap materi bahwa Allah maha membukakan


-     Menunjukkan  perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap materi bahwa Allah maha membukakan





5.    Allah maha bijaksana

Memahami dan meyakini bahwa Allah maha bijaksana

-     Lasan (logika) sederhana bahwa Allah maha bijaksana
-     Contoh  perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap materi bahwa Allah maha bijaksana


-     Menyebutkan alasan (logika) sederhana bahwa Allah maha bijaksana
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap materi bahwa Allah maha bijaksana

Jenis tes
a. Tertulis

b. Lisan/ 





6.    Kisah nabi Sulaeman As

Menauladani kisah-kisah Rosul Allah


-     Menceritakan kembali kisah Nabi Sulaeman AS
-     Pelajaran yang dapat diambil dari kisah Nabi Sulaeman As
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap
-     menauladani Nabi Sulaeman AS


-     Menceritakan kembali kisah Nabi Sulaeman AS
-     Menyebutkan pelajaran yang dapat diambil dari kisah Nabi Sulaeman AS
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap menauladani Nabi Sulaeman AS





7.    Jujur, amanah dan menepati janji

-     Arti jujur, amanah, dan menepati janji
-     Contoh perilaku yang menerminkan sikap jujur, amanah dan menepati janji
-     Membiasakan diri dengan sifat-sifat terpuji

-     Menyebutkan arti jujur, amanah dan menepati janji
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap jujur, amanah dan menepati janji




8.    Dzalim

Membiasakan diri menjauhi sifat tercela

-     Perbuatan dzalim
-     Contoah perilaku yang mencerminkkan sikap menjauhi dzalim
-      

-     Menyebutkan perbuatan dzalim
-     Menunjukkan perilaku yang menceerminkan sikap menjauhi dzalim

Jenis tes
a. Tertulis

b. Lisan/ 



9.    Adab berpuasa

Mengetahui dan memahami adab berpuasa

-     Hal-hal yang baik selama berpuasa
-     Contoah perilaku yang mencerminkan sikap senang berpuasa


-     Menyebutkan hal-hal yang baik selama berpuasa
-     Menunjukkan perilaku yang menceerminkan sikap senang berpuasa





10. Kalimat thayibah
Membiasakan diri dengan kalimat thayibah
-     Kalimat salam dengan fasih
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap salam


-     Membiasakan mengucapkan kalimat salam yang fasih
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap salam





MATA PELAJARAN            : AQIDAH AKHLAK
KELAS                                   : III
SEMESTER                           : II (Genap)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/ BAHAN/ ALAT
KET
1.    Iman Kepada hari akhir / kiamat

Mengimani adanya hari kiamat dengan alasan dan bukti sederhana

-     Alasan (logika) sederhana tentang adanya hari kiamat
-     Bukti-bukti sederhana adanya hari kiamat
-     Contoh yang mecerminkan sikap penghayatan terhadap adanya hari kiamat


-     Menyebutkan alasan (logika) sedrhana tentang adanya hari kiamat
-     Menyebutkan bukti sederhana tentang adanya hari kiamat
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap adanya hari kiamat
Jenis tes
a. Tertulis
c. Pengetahuan

Bentuk ulangan harian
Instrumen
-     Isian
-     Uraian terbatas

b. lisan/  perbuatan
Bentuk
tugas individu
Instrumen

lembar pengamatan



Buku Aqidah Akhlak MDA untuk kelas II
Karangan :
M. Sumitro S.Pd.I dkk
Buku yang relevan

2.    Allah berbicara dan maha berbicara

Memahami dan meyakini bahwa Allah berbicara dan maha berbicara

-     Alasan (logika) sederhana Allah berbicara dan maha berbicara
-     Bukti-bukti sederhana Allah berbicara dan maha berbicara

-     
-     Menyebutkan alasan (logika) sederhana Aallah berbicara dan maha berbicara
-     Menyebutkan bukti-bukti sederhana bahwa Allah berbicara dan maha berbicaaara
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan materi bahwa Allah berbicara dan maha berbicara





3.    Allah maha pengampun

Memahami dan meyakini bahwa Allah maha pengampun

-     Alasan (logika) sederhana Aallah maha pengampun
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan materi bahwa Allah maha pengampun
-     
-     Menyebutkan alasan (logika) sederhanaAallah maha pengampun
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan materi bnahawa Allah maha pengampun
-      




4.    Kisah Nabi Shalih AS

Menauladani kisah rosul

-     Kisah Nabi Shaleh AS
-     Pelajaran yang dapat diambil dari kisah Nabi Shaleh AS
-     Contoah perilaku yang mencerminkan sikap menauladani kehidupan Nabi Shaleh AS

-     
-     Menceritakan kembali kisah Nabi Shaleh AS
-     Menyebutkan   pelajaran yang dapat diambil daari kisah Nabi Shaleh AS
-     Menunjukkan  perilaku yang mencerminkan sikap menauladani kehidupan Nabi Shaleh AS

-      
Jenis tes
a. Tertulis

b. Lisan/ 



5.    Pemurah, pengasih dan penyayang

Membiasakan diri dengan sifat terpuji

-     Arti pemurah, pengasih dan  penyayang
-     Contoh perilaku pemurah, pengasih dan penyayang


-     Menyebutkan arti pemurah, pengasih dan penyaayang
-     Menunjukkan perilaku pemurah, pengasih dan penyayang
-      
-      



6.    kisah Nabi Harun AS


Menauladani kisah rosul

-     Kisah Nabi Harun AS
-     Pelajaran yang dapat diambil dari kisah Nabi Harun AS
-     Contoh perilaku yang mencerminkan menaauladani kehidupan Nabi Harun AS


-     Menceritakan kembali kisah Nabi Harun AS
-     Menyebutkan pelajaran yang dapat diambil dari kisaah Nabi Harun AS
-     Menunjukkan  perilaku yang
-     mencerminkan sikap menauladani kehidupan Nabi Harun AS
-      



7.    Acuh tak acuh
Membiasakan menjauhi diri daari sifat tercela
-     Pengertian acuh tak acuh dan ingkar janji
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi sifat acuh tak acuh dan ingkar janji

-     Menyebutkan pengertian acuh tak acuh dan ingkar janji
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi sifat acuh tak acuh dan ingkar janji

-      



8.    Adab membaca Al-Qur’an
Mengetahui dan memahami adab membaca Al-Qur’an

-     Hal-hal yang baik ketika akan sedang dan setelah membaca Al-Qur’an
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap senang membaca Al-Qur’an


-     Menyebutkan hal-hal yang baik ketika akan, sedang setelah membaca Al-Qur’an
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap senang membaca Al-Qur’an

Jenis tes
a. Tertulis

b. Lisan/ 



9.    Tahlil dan hauqalah

Membiasakan diri dengan kalimah thayyibaah

-     Kalimat tahlil dan hauqalah
-     Contoh perilaku penghayatan terdapat kalimat tahlil dan hauqalah


-     Melafalkan kalimat tahlil dan hauqalah
-     Menunjukkan perilaku penghayatan terhadap kalimat tahlil dan hauqalah





10. Adab berdo’a
Mengetahui dan memahami adab ketika berdo’a

-     Hal-hal yang baik ketika akan, sedang dan selesai berdo’a
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap do’a

-     Menyebutkan hal-hal yang baik ketika akan sedang dan selesai berdo’a
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap do’a




MATA PELAJARAN            : AQIDAH AKHLAK
KELAS                                   : IV
SEMESTER                           : I (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/ BAHAN/ ALAT
KET
1.    Al-Qur’an sebagai wahyu Allah
Memahami dan mengimani Al-Qur’an sebagai wahyu Allah

-     Pengertian Al-Qur’an
-     Sejarah singkat turunnya Al-Qur’an
-     Isi kandungan Al-Qur’an
-     Fungsi turunnya Al-Qur’an
-     Keistimewaan Al-Qur’an
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap mengimani Al-Qur’an

-     Guru menjelaskan pengertian Al-Qur’an secara bahasa dan istilah
-     Guru menjelaskan sejarah singkat turunnya Al-Qur’an
-     Siswa menyebutkan isi kandungan Al-Qur’an dengan bimbingan guru
-     Guru menjelaskan fungsi di turunkannya Al-Qur’an
-     Guru menjelaskan keistimewaan Al-Qur’an
-     Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap mengimani Al-Qur’an

-     Menyebutkan pengertian Al-Qur’an secara bahasa dan istilah
-     Menyebutkan sejarah turunnya Al-Qur’an
-     Menyebutkan isi kandungan Al-Qur’an
-     Menyebutkan fungsi diturunkannya Al-Qur’an
-     Menyebutkan keistimewaan Al-Qur’an
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap Al-Qur’an

Jenis tes
a. Tertulis
c. Pengetahuan

Bentuk ulangan harian
Instrumen
-     Isian
-     Uraian terbatas

b. lisan/  perbuatan Bentuk
tugas individu
Instrumen

lembar pengamatan


Buku Aqidah Akhlak MDA untuk kelas II
Karangan :
M. Sumitro S.Pd.I dkk
Buku yang relevan

2.    Allah maha Allim
Memahami dan meyakini bahwa Allah maha allim dengan alasan dan bukti sederhana
-     Pengertian Allah maha Allim
-     Alasan (logika) Allah maha Allim
-     Bukti-bukti sederhana bahwa Allah maha Allim
-     Dalil naqli bahwa Allah maha Allim
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha Allim

-     Guru menjelaskan pengertian (logika) bukti-bukti sederhana dan dalil naqli bahwa Allah maha Allim
-     Siswa menyimak penjelasan guru
-     Berlatih mengucapkan dalil naqli bahwa Allah maha Allim
-     Guru memberikan contoh perilaku yang menceerminkan sikap penghayaatan bahwa Allah maha Allim

-     Menyebutkan pengertian bahwa Allh maha Allim
-     Menyebutkan alasan (logika) sederhana bahwa Allah maha Allim
-     Menyebutkan bukti-bukti sederhana bahwa Allah maha Allim
-     Melafalkan dalil naqli bahwa Allah maha Allim
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan bahwa Allah maha Allim.





3.    Allah maha hidup
Memahami dan meyakini bahwa Allah maha hidup dengan alasan dan bukti-bukti sederhana

-     Pengertian Allah maha hidup
-     Alasan (logika) sederhana bahwa Allah maha hidup
-     Bukti-bukti sederhana bahwa Allah maha hidup
-     Dalil naqli tentang Aallah maha hidup
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha hidup

-     Guru menjelaskan pengertian, alasan (logika) bukti-bukti sederhana dan dalil naqli tentang Allah maha hidup
-     Siswa menyimak penjelasan guru
-     Siswa berlatih melafalkan dalil naqli teentang Allah maha hidup
-     Guru memberikan contoh perilaku sederhana yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha hidup

-     MENYEBUTKAN PENGERTIAN Allah maha hidup
-     Menyebutkan alasan(logika) sederhana bahwa Allh maha hidup
-     Menyebutkan bukti bahwa Allah maha hidup
-     Melafalkan dalil naqli bahwa Allah maha hidup
-     Menunjukkan perilaku yang menceeerminkan sikap penghayatan materi bahwa Allah maha hidup

Jenis tes
a. Tertulis

b. Lisan/ 



4.    Allah maha pelindung

Memahami dan meyakini bahwa Allah maha pelindung dengan alasan dan bukti-bukti sederhana
-     Pengertian Allah maha pelindung
-     Alasan (logika) sederhana bahwa Allah maha pelindung
-     Bukti-bukti sederhana bahwa Allah maha pelindung
-     Dalil naqli tentang Allah maha pelindung
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha pelindung
-     Guru menjelaskan pengertian, alasan (logika) sederhana, bukti-bukti, sederhana dan dalil naqli teentang Allah maha pelindung
-     Siswa menyimak penjelasan guru
-     Siswa berlatih melafalkan dalil naqli tentang Allah maha pelindung
-     Guru memberikan contoh perilaku sederhana  yang menceerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha pelindung

-     Menyebutkan pengertian Allah maha pelindung
-     Menyebutkan alasa  (logika) sederhana bahwa Allah maha pelindung
-     Menyebutkan bukti-bukti bahwa Allah maha pelindung
-     Melafalkan dalil naqli tentnag Allah maha pelindung
-     Menunjukkan perilaku yang menceerminkan sikap penghayatan materi bahwa Allah maha pelindung




5.    Allah maha mulia
Memahami dan meyakini bahwa Allah maha mulia dengan alasan dan bukti-bukti sederhana

-     Pengertian Allah maha mulia
-     Alasan (logika) sederhana bahwa Allah mahamulia
-     Bukti-bukti sederhana bahwa Allah maha mulia
-     Dalil naqli tentang Allah maha mulia
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha mulia

-     Guru menjelaskan pengertian, alasan, (logika) sederhana, bukti-bukti sederhana dan dalil naqli bahwa Allah maha mulia
-     Siswa menyimak penjelasan guru
-     Melafalkan dalil naqli secara klasikal
-     Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha mulia

-     Menyebutkan penertian Allah maha mulia
-     Menyebutkan alasan (logika) sederhana bahwa Allah maha mulia
-     Menyebutkan bukti-bukti sederhana bahwa Allah maha mulia
-     Secara perorangan siswa melafalkan dalil naqli bahwa Allah maha mulia
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha mulia

Jenis tes
a. Tertulis

b. Lisan/ 



6.    Kisah Nabi Ibrahim AS

Meneladani kehidupan Nabi Ibrahim AS
-     Kisah Nabi Ibrahim AS
-     Sifat-sifat Nabi Ibrahim AS
-     Keistimewaan Nabi Ibrahim AS
-     Hikmah yang diambil dari kisah Nabi Ibrahim AS
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap memahami kehidupan nabi Ibrahim AS

-     Guru bercerita tentang kisah Nabi Ibrahim AS dan sifat-sifatnya juga keistimewaannya Nabi Ibrahim AS beserta hikmah yang dapat di ambil dari kisah Nabi Ibrahim AS
-     Siswa menyimak penjelasan guru
-     Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan skap meneladani kehidupan Nabi Ibrahim AS

-     Meneritakan kembali kisah Nabi Ibrahim AS
-     Menyebutkan sifat-sifat nabi Ibrahim AS
-     Menyebutkan keistimewaan Nabi Ibrahim AS
-     Menyebutkan pelajaran yang dapat diambil dari kisah Nabi Ibrahim AS
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap meneladani kehidupan Nabi Ibrahim AS





7.    Bertanggung jawab dan berani menegakkan kebenaran
Membiasakan diri bertanggung jawab dan berani menegakkan kebenaran
-     Pengertian bertanggung jawab dan berani menegakkan kebenaran
-     Dalil naqli tentang tanggung jawab dan berani menegakkan kebenaran
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap bertanggung jawab dan berani menegakkan kebenaran
-     Guru menjelaskan pengertian tanggung jawab dan berani menegakan kebenaran
-     Guru melafalkan dalil naqli tentang tanggung jawab dan berani menegakkan kebenaran dan siswa menirukannya
-     Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap bertanggung jawab dan berani menegakkan kebenaran

-     Menyebutkan pengertian tanggung jawab dan berani menegakkan kebenaran
-     Menyebutkan pengertian tanggung jawab dan berani menegakkan kebenaran
-     Melafalkan dalil naqli tentang tanggung jawab dan berani menegakkan kebenaaran
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab dan berani menegakkan kebenaran





8.    Kisah Nabi Ibrahim AS
Meneladani keteguhan hati keluarga Siti Masyithah

-     Kisah Siti Masyithah
-     Sifat-sifat Siti Masyithah
-     Hikmah yang dapat di ambil dari kisah keluarga Siti Masyithah
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap meneladani keteguhan haati keluarga Siti Masyithah

-     Guru bercerita tentang kisah keluarga Siti masyithah
-     Siswa menyimak cerita yang dikisahkan oleh guru
-     Guru memberi contoh perilaku yang menceerminkan sikap meneladani keteguhan hati keluarga Siti Masyithah

-     Menceeritakan kembali kisah Siti Masyithah
-     Menyebutkan sifat-sifat Siti Masyithah
-     Menyebutkan hikmah yang dapat diambil dari kisah keluarga Siti masyithah
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap meneladani keteguhan hati keluarga Siti Masyithah

Jenis tes
a. Tertulis

b. Lisan/ 



9.    Tajassus dan fitnah
Terbiasa menjauhkan diri dari sifat-sifat teercela
-     Pengertian tajassus dan fitnah
-     Dalil naqli tentang tajassus dan fitnah
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi tajassus dan fitnah

-     Guru menjelaskan tentang pengertian tajassus dan fitnah
-     Guru mengemukakan dalil naqli tentang tajassus dan fitnah
-     Sisw berlatih melafalkan dalil naqli tentag tajassus dan fitnah
-     Guru memberrkan contoh yang mencerminkan menjauhi sifat tajassus dan fitnah

-     Menyebutkan pengertian tajassus dan fitnah
-     Menyebutkan dalil naqli tentang tajassus dan fitnah
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi tajassus dan fitnah




10. Kisah Nabi Musa AS

Meneladani kehidupan nabi Musa AS

-     Kisah Al-Musa AS
-     Sifat-sifat Al-Musa AS
-     Hikmah yang dapat diambil dari kisah Al-Musa AS
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap meneladani kehidupan Al-Musa AS

-     Guru bercerita tenatang kisah nabi Musa AS sifat-sifatnya nabi Musa AS, dan hikmah byang dapat diambil dari kisah Al-Musa AS
-     Guru memberrikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap meneladani kehidupan Nabi Musa AS

-     Menceeritakan kembali kisah Nabi Musa AS
-     Menyebutkan sifat-sifat Nabi Musa AS
-     Menyebutkan pelajaran yang dapat di ambil dari kisah Nabi Musa AS
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap meneladani kehidupan Nabi Musa AS

Jenis tes
a. Tertulis

b. Lisan/ 



11. adab berbakti kepada orang tua
Mengetahui dan memahami adab berbakti kepad orang tua

-     Jasa kjedua orang tua kepad kita
-     Kewajiban anak kepada kedua orang tua
-     Do’a untuk kedua orang tua beserta artinya
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap berbakti kepada kedua orang tua

-     Guru bertanya jawab tentang jasa kedua orang tua kita
-     Guru menjelaskan kewajiban anak kepada kedua orang tua
-     Siswa berlatih melafalkan do’a untuk kedua orang tua beserta artinya
-     Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap berbakti kepada kedua orang tua

-     Menyebutkan jasa kedua orang tua
-     Menyebutkankewajiban anak kepada kedua orang tua
-     Hafal do’a untuk kedua orang tua beserta artinya
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap berbakti kepada kedua orang tua





12. Ucapan /do’a ketika ta’jub

a.    Pengertian ta’jub
b.   Do’a-do’a yang diucapkan ketika ta’jub
c.    Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap kalimat ta’jub
-     Guru menjelaskan pengertian ta’jub
-     Mengungkapkan do’a ketika ta’jub
-     Siswa berlatih menirukan bacaan guru
-     Memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap kalimat ta’jub
-     Menyebutkan pengertian ta’jub
-     Menyebutkan do’a-do;a yang diucapkan ketika ta’jub
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap kalimat ta’jub
-      




13. Membiasakn diri dengan kalimat thayyibah









MATA PELAJARAN            : AQIDAH AKHLAK
KELAS                                   : IV
SEMESTER                           : II (Genap)

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/ BAHAN/ ALAT
KET
1.    Iman Kepada qadha dan qadar
Memahami dan meyakini qadha dan qadar serta dapat menerapkakn dalam kehidupan seehari-hari

-     Pengertian qadha dan qadar
-     Guru mengemukakan contoh peristiwa yang berkaitan dengan qadha dan qadar
-     Dalil naqli tentang qadha dan qada
-     Menjelaskan hikmah beriman qadha dan qadar
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap iman kepada qadha dan qadar

-    Guru menjelaskan pengertian qadha dan qadar
-    Guru mengemukakan contoh peristiwa yang berkaitan dengan dengan qadha dan qadar
-    Melafalkan dalil naqli tentang qadha dan qadar
-    Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar
-    Memberri contoh perilaku yang mencerminkan sikap iman kepad qadha dan qadar

-     Menyebutkan pengertian qadha dan qadar
-     Menyebutkan contoh peristiwa yang berkaitan dengan qadha dan qadar
-     Menyebutkan dalil naqli tentang qadha dan qadar
-     Menyebutkan hikmah beriman kepada qadha dan qadar
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap iman kepada qadha dan qadar

Jenis tes
a. Tertulis
Pengetahuan

Bentuk ulangan harian
Instrumen
-     Isian
-     Uraian terbatas

b. Lisan/  perbuatan
Bentuk
tugas individu
Tugas kelompok

Instrumen

Lembar pengamatan


Buku Aqidah Akhlak MDA untuk kelas II
Karangan :
M. Sumitro S.Pd.I dkk
Buku yang relevan

2.    Allah maha mendengar
Memahami dan meyakini bahwa Allah maha mendengar dengan alasan dan bukti-bukti sederhana serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

-     Pengertian Allah maha mendengar
-     Alasan (logika) sederhana bahwa Allah maha mendengar
-     Bukti-bukti sederhana bahwa Allah maha mendengar
-     Dalil naqli tentnag Allah maha mendengar
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha mendengar

-    Guru menjelaskan pengertian alasan (logika) sederhana bukti-bukti sederhana dan dalil naqli tentang Allah maha mendengar
-    Siswa menyimak penjelasan  guru
-    Siswa melafalkan dalil naqli tentang Allah maha mendengar
-    Memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Aaallah maha mendengar
-     Menyebutkan pengertian bahwa Allah maha mendengar
-     Menyebutkan alasan (logika) sederhana bahwa Allah maha mendengar
-     Menyebutkan dalil naqli tentang Allah maha mendengar
-     Menunjukkan perilaku sikap penghayatan bahwa Allah maha mendengar





3.    Kisah Nabi Isa AS
Meneladani kehidupan Nabi Isa AS
-     Kisah Nabi Isa AS
-     Sifat-sifat nabi Isa AS
-     Hikmah yang dapat diambil dari kisah Nabi Isa AS
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap meneladani kehidupan Nabi Isa AS
-     Guru menceritakan kisah nabi Isa As
-     Guru menjelaskan tentang sifat nabi Isa As dan hikmah yang dapat di ambil dari   kisah Nabi Isa AS
-     Guru memberikan contoh yang mencerminkan sikap meneladani kehidupan Nabi Isa AS

-     Menceritakan kembali kisah Nabi Isa AS
-     Menyebutkan sifat-sifat nabi Isa AS
-     Menyebutkan pelajaran yang dapat diambil dari kisah nabi Isa AS
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sika meneladani kehidupan Nabi Isa AS

Jenis tes
a. Tertulis

b. Lisan/ 



4.    Allah maha melihat

Memahami dan meyakini bahwa Allah maha melihat serta dapat menerapkan  dalam kehidupan sehari-hari

-     Pengertian Allah maha melihat
-     Alasan (logika) sederhana bahwa Allah maha melihat
-     Bukti-bukti sederhana bahwa Allah maha melihat
-     Dalil naqli tentang Allah maha melihat
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha melihat
-     Guru menjelaskan pengertian Allah maha melihat
-     Alasan dan bukti sederhana dan melafalkan dalil naqli tentang Allah maha melihat
-     Siswa menyimak penjelasan guru dan menirukan bacaan dalil naqli lalu di hafal
-     Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha melihaat

-     Menyebutkan pengertian Allah maha melihat
-     Menyebutkan alasan (logika) sederhana bahwa Allah maha melihat
-     Menyebutkan bukti-bukti sederhana bahwa Allah maha melihat
-     Melafalkan dalil naqli tentang Allah maha melihat
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha melihat





5.    Kisah Ash-Habul Kahfi
Meneladani kisah Ash-habul kahfi
-     Kisah Ash-Habul Kahfi
-     Pelajaran yang dapat diambil dari kisah Ash-Habul Kahfi
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap meneladani Aash-Habul Kahfi
-     Kisah Ash-Habul Kahfi
-     Siswa menyimak cerita Ash-habul kahfi
-     Guru memberikan contoh yang mencerminkan Ash-habul kahfi

-     Menceeritakan kembali kisah Ash-habul Kahfi
-     Menyebutkan pelajaran yang dapat diambil dari kisah Ash-habul kahfi
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap meneladani Ash-Habul Kahfi





6.    Allah maha lemah lembut

Memahami dan meyakini bahwa Allah maha lemah lembut serta dapat menerapaknan dalam kehidupan sehari-hari

-     Pengertian Allah maha lemah lembut
-     Alasan (logika) sederhana Allah maha lemah lembut
-     Dalil naqli bahwa Allah maha lemah lembut
-     Contoh perilaku yang mencerminkan  siakp penghayatan bahwa Allah maha lembah lembut

-     Guru   menjelaskan pengertian Allah maha lemah lembut
-     Guru menjelaskan alasan (logika) sederhana bahwa Allah maha lemah lembut
-     Melafalkan dalil aqli tentang Allah maha lemah lembut
-     Memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha lemah lembut

-     Menyebutkan pengertian Allah mahalemah lembut
-     Menyebutkan alasan (logika) sederhana bahwa Allah mahalemah lembut
-     Menyebutkan dalil naqli bahwa Allah maha lemah lembut
-     Menunjukkan perilaku yang menceerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha lemah lembut

Jenis tes
a. Tertulis
b. Lisan/ 



7.    Persatuan dan persaudaraan
Membiasakan diri dengan akhlak terpuji

-     Pengertian mencintai persatuan dan persaudaraan
-     Dalil naqli tentang persatuan dan persaudaraan
-     Contoh perilaku yang menceerminkan sikap mencintai persatuan dan persaudaraan

-     Guru menjelaskan teentang persatuan dan persaudaraan
-     Melafalkakn dalil naqli tentang persatuan dan persaudaraan
-     Memberikan contoh perilaku yang menceeerminkan sikap mencintai persatuan dan persaudaraan

-     Menyebutkan pengertian mencintai persatuan dan persaudaraan
-     Hafal dalil naqli tentang persatuan dn persaudaraan
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap mencintai persatuan dan persaudaraan





8.    Adab bertamu dan menerima tamu
Mengetahui dan memahami adab bertamu

-     Pengertian bertamu dan menerima tamu
-     Tata cara (adab) bertamu dan menerima tamu
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap seorang tamu yang beradab
-     Guru menjelaskan pengertian adab bertamu dan menerima tamu
-     Tanya jawab tentang tata cara bertamu dan menerima tamu
-     Guru memberikan contoh cara bertamu dan menerima tamu yang baik

-     Menyebutkan pengertian adab bertamu dan menerima tamu
-     Menyebutkan tata cara (adab) bertamu dan menerima tamu
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap seorang tamu yang beradab




9.    Dendam dan adu domba

Terbiasa menjauhkan diri dari sifat-sifat tercela

-     Pengertian dendam
-     Sifat-sifat tercela yang mengiringi dendam
-     Pengertian adu domba
-     Dalil naqli tentang dendam dan adu domba
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi dendam dan adu domba

-     Guru menjelaskan pengertian sifat-sifat tercela yaitu dendam dan adu domba
-     Melafalkan dalil naqli tentang dendam dan adu domba
-     Memberikan contoh prilaku yang mencerminkan sikap menjauhi dendam dan adu domba

-     Menyebutkan pengertian dendam dan adu domba
-     Menyebutkan sifat-sifat tercela yang mengiringisifat dendam
-     Melafalkan dalil naqli tentang dendam dan adu domba
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi dendam dan adu domba

Jenis tes
a. Tertulis

b. Lisan/ 



10. Adab menjenguk orang sakit
Mengetahui dan memahami (adab) menjenguk orang sakit

-     Hak seorang muslim terhadap muslim lalinnya
-     Tata cara dan kebiasaan yang baik ketika menjenguk orang sakit
-     Do’a ketika menjenguk orang sakit
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap peduli terhadaporang sakit

-     Guru menjelaskan adab menjenguk orang sakit
-     Tanya jawab tentang tata cara yang baik ketika menjenguk orang sakit
-     Memberi contoh perilaku yang mencerminkan sikap peduli terhadap orang sakit

-     Menyebutkan hak seorang muslim terhadap muslim lainnya
-     Mengetahui tatacaara yang baik ketika menjenguk orang sakit
-     Hafal do’a ketika menjenguk orang sakit
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap peduli terhadap orang sakit





11. Kalimat takbir dan tasbih

Membiasakn diri dengan kalimat takbir dan tasbih
-     Pengertian takbir dan tasbih
-     Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap makna takbir dan tasbih
-     Guru menjelaskan pengertian takbir dan tasbih
-     Siswa berlatih melafalkan kalimat takbir dan tasbih
-     Memberi contoh perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap makna takbir dan tasbih

-     Menyebutkan pengertian takbir dan tasbih
-     Melafalkan kalimat takbir dan tasbih
-     Menunjukkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadp makna takbir dan tasbih




1 comment: