SILABUS PEMBELAJARAN
DINIYAH TAKMILIYAH
AWALIYAH NURUL IMAN
MATA PELAJARAN :
AQIDAH AKHLAK
KELAS :
I
SEMESTER :
I (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER/ BAHAN/ ALAT
|
KET
|
1.
Mengenal rukun Iman
|
Memahami
dan meyakini rukun Iman dan dapat mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
-
Pengertian rukun Iman
-
Enam rukun Iamn
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap rukun iman
|
-
Guru menjelaskan pengertian rukun Iman siswa menyimak dengan baik
-
Guru menyebutkan 6 (enam) rukun iamn siswa meniirukannya secara
berulang-ulang sampai hafal
-
Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan
terhadap rukun iman
|
-
Menyebutkan tentang dalil naqli tetang Allah
-
Mengungkapkan alasan dan bukti sederhana tentang adanya Allah
-
Menunjukan perilaku yang mencerminkan sikap penjiwaan terhadap adanya
Allah
|
Jenis
tes
a. Tertulis (Pengertian hadis)
Bentuk
ulangan harian
Instrumen
-
Isian
-
Uraian terbatas
b. Lisan/perbuatan
Bentuk
tugas individu Instrumen
lembar
pengamatan
|
|
Buku
Aqidah Akhlak MDA untuk kelas I
Karangan
:
M.
Sumitro S.Pd.I dkk
Buku
yang relevan
|
|
2.
sifat Allah. Allah itu ada (wujud)
|
Mengimani
dan meyakini adanya Allah dengan alasan dan bukti-bukti yang sederhana serta
dapat menerapakn dalam kehidupan sehari-hari
|
-
Sifat Allah wujud atau Allah itu ada
-
Allah maha ESA
|
-
Guru menjelaskan tentang adanya Allah SWT
-
Guru menjelaskna Alasan (logika) sederhana tentang adanya Allah
-
Guru memberikan contoh perilaku yang menerminkan sikap penjiwaan terhadap
adanya Allah
|
-
Menyebutkan arti keesaan Allah
-
Menyebutkan alasan dan bukti-bukti sederhana tentang keesaan Allah SWT
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap terhadap keesaan Allah
|
|
|
||
3.
Allah maha Esa (Wahdaniyah)
|
|
|
-
Guru menjelaskan tentang arti keesaan Allah
-
Guru menjelaskan tentang alasan dan bukti-bukti sederhana tentang keesan
Allah
-
Guru memberi contoh perilaku yang mencerminkan sikap terhadap keesaan
Allah
|
|
|
|
||
4.
Iman kepada malaikat
|
Memahami
dan meyakini Adanya Malaikat Allah
|
-
Pengertian dan logika ssederhana tentang adanya malaikat
-
Nema dan tugas malaikat
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap adanya
malaikat
|
-
Guru menjelaskan tentang pengertian dan alasan (logika) sederhana tentang
adanya malaikat
-
Siswa secara berulang-ulang menyebutkan nama malaikat beserta tugasnya
sampai hafal
-
Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan
terhadap adanya malaikat
|
-
Menyebutkan alasan (logika) ssederhana tentang adanya malaikat
-
Menyebutkan nama-nama malaikat beserta tugasnya
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap adanya
malaikat
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
(Pengertian
hadis)
Bentuk
ulangan harian
Instrumen
-
Isian
-
Uraian terbatas
b.
Lisan/ perbuatan
Bentuk
tugas
individu
Instrumen
lembar
pengamatan
|
|
|
|
5.
Allah Maha Besar
|
|
-
Kisah Nabi Adam AS
-
Keteladanan Nabi Adam AS
-
Contoh
|
-
Guru menjelaskan tentang Allah Maha Besar dan Maha Suci
-
Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan
terhadap Allah Maha besar dan Allah Maha Suci
|
-
Menyebutkan pengertian Allah Maha Besa
-
Menyebutkan pengertian Allah Maha Suci
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap Allah
Maha Besar dan Maha Suci
|
|
|
|
|
6.
Kisah Nabi Adam AS
|
Memahami
kehidupan Rosul Allah
|
-
Sabar, jujur, pemaaf dan lemah lembut
-
Hikmah memiliki sifat sabar, jujur, pemaaf dan lemah lembut
|
-
Guru menceeritakkan kisah Nabi Adam AS
-
Guru menjelaskan hikmah atau keteladanan yang dapat diambil dari kisah
Nabi Adam AS
-
Guru menyarankan agar siswa bisa mencerminkan sikap ketauladanan Nabi
Adam AS
|
-
Menceritakan s kembali kisah Nabi Adam AS
-
Mengungkapkan hikmah atau keteladanan yang dapat diambil daaari kisah
Nabi Adam AS
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap keteladanan Nabi Adam AS
|
|
|
|
|
7.
Sifat terpuji sabar, jujur, pemaaf dan lemah lembut
|
Membiasakan
diri dengan sifat sabar, jujur, pemaaf dan lemah lembut
|
|
-
Guru menjelaskan sifat terpuji sabar, jujur, pemaaf dan lemah lembut
-
Guru menjelaskan hikmah memiliki sifat sabar, jujur, pemaaf dan lemah
lembut
|
-
Menyebutkan pengertian sifat sabar, jujur, pemaaf dan lemah lembut
-
Hikmah memiliki sifat sabar, jujur, pemaaf dan lemah lembut
|
|
|
|
|
8.
Sifat tercela dusta dan khiyanat
|
Terbiasa
menjauhi sifat dusta dan khiyanat
|
-
Contoh perilaku mencerminkan sifat sabar, jujur, pemaaf dan lemah lembut
-
Dusta dan khiyanat
-
Akibat-akibat dusta dan khiyanat
-
Contoh perilaku dusta dan khiyanat
|
-
Guru menyarankan kepada siswa supaya memiliki sifat sabar, jujur, pemaaf
dan lemah lembut
-
Guru menjelaskan tentang sifat tercela dusta dan khiyanat
-
Guru dan siswa tanya jawab tentang sifat dusta dan khiyanat
-
Guru menyarankan siswa agar menjauhkan diri dari sifat dusta dan khiyanat
|
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap sabar, jujur, pemaaf dan
lemah lembut
-
Menyebutkan pengertian dusta dan khiyanat
-
Akibat memiliki sifat dusta dan khiyanat
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi sifat ssdusta dan
khiyanat
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
(Pengertian
hadis)
Bentuk
ulangan harian
Instrumen
-
Isian
-
Uraian terbatas
b. Lisan/ perbuatan
Bentuk
tugas
individu
Instrumen
lembar
pengamatan
|
|
|
|
9.
Adab belajar di rumah dan di sekolah
|
Membiasakan
diri belajaar dengan baik
|
-
Adab belajar di rumah
-
Adab belajar di madrasah
-
Contoh perilaku mencerminkan sifat rajin belajar
|
-
Guru menjelaskan adab belajar di rumah dan di madrasah
-
Guru dan siswa tanya jawab mengenai adab belajar di rumah dan di madrasah
-
Siswa secara berulang-ulang menghafal do’a sebelum dan sesudah belajar
|
-
Menyebutkan kebiasan baik sebelum dan sesudah belajar baik dirumah maupun
di madrasah
-
Menunjukkan perilaku tekun belajar dan mensyukuri nikmat Allah
-
Melafalkan do’a sebelum dan sesudah belajar dengan fasih
|
|
|
|
|
10. Ta awudz
|
Membiasakan
diri dengan ta’awudz
|
-
Ta’awudz
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap ta’awudz
|
-
Guru menjelaskan bacaan ta’awudz dan siswa menirukan bacaan yang di
contohkan oleh guru
-
Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap pernyataan
terhadap ta’awudz
|
-
Melafalkan ta’aaawudz dengan fasih
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap
ta’awudz
|
|
|
|
MATA PELAJARAN :
AQIDAH AKHLAK
KELAS :
I
SEMESTER :
II (Genap)
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER/ BAHAN/ ALAT
|
KET
|
1.
Sifat Alah maha melihat, maha mendengar, maha mengetahui
|
Memahami
dan meyakini bahwa Allah maha melihat, maha mendengar dan maha mengetahui
|
-
Allah maha melihat, maha mendengar dan maha mengetahui
-
Contoh perilaku yang menceerminkan sikap bahwa Allah maha melihaat, maha
mendengar dan maha mengetahui
|
-
Guru menjelaskan tentang Allah maha melihat, maha mendengar dan maha
mengetahui
-
Siswa menyimak penjelasan guru
-
Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap bahwa Allah maha
melihat, maha mendengar dan maha mengetahui
|
-
Menyebutkan alasan (logika) dalil naqli dan bukti sederhana bahwa Allah
maha melihat, maha mendengar dan maha mengetahui
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap Allah
maha melihat, maha mendengar dan maha mengetahui
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
(Pengetahuan)
Bentuk
ulangan harian
Instrumen
-
Isian
-
Uraian terbatas
|
|
Buku
Aqidah Akhlak MDA untuk kelas I
Karangan
:
M.
Sumitro S.Pd.I dkk
Buku
yang relevan
|
|
2.
Allah maha pengasih lagi maha penyayang
|
Memahami
bahwa Allah maha pengasih laagi maha penyayang
|
-
Allah maha pengasih lagi maha penyayang
-
Contoh perilaku pengasih dan penyayang
|
-
Guru menjelaskan tentang Allah maha pengasih lagi maha penyayang
-
Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan Allah maha pengasih
lagi maha penyayang
|
-
Menyebutkan alasan (logika) dalil naqli dan bukti sederhana bahwa Allah
maha pengasih lagi mah penyayang
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap pengasih dan penyayang
|
b. Lisan/ perbuatan
Bentuk
tugas
individu
Instrumen
|
|
|
|
3.
Jin, syetan dan iblis
|
Memahami
dan meyakini adanya jin, syetan dan iblis
|
-
Asal kejadin jin, syetan dan iblis beserta sifatnya
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi sifat jin, syetan dan
iblis
|
|
-
Menyebutkan asal kejadian jin, syetan dan iblis beserta sifatnya
-
Menunjukkan perilaku yang menerminkan sikap menjauhi sifat jin, syetan
dan iblis
|
lembar
pengamatan
|
|
|
|
4.
Kisah Nabi Nuh AS
|
Meneladani
kisah Nabi Nuh As
|
-
Kisah Nabi Nuh AS
-
Hikmah yang dapat diambil dari kisah Nabi Nuh AS
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap meneladani kehidupan Nabi Nuh AS
|
|
-
Menceritakan kembali kisah Nabi Nuh As
-
Menyebutkan hikmah yang dapat di ambil dari kisah Nabi Nuh As
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap meneladani kehidupan Nabi
Nuh AS
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
(Pengertian
hadis)
Bentuk
ulangan harian
Instrumen
-
Isian
-
Uraian terbatas
|
|
|
|
5.
Sifat terpuji sederhana, hemat dan optimis
|
Membiasakan
hidup sederhana, hemat dan optimis
|
-
Pengertian sederhana, hemat dan optimis
-
Contoh perilaku yang menceerminkan hidup sederhan, hemat dan optimis
|
|
-
Menyebutkan pengertian sederhan, hemat dan optimis
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap hidup sederhana, hemat dan
optimis
|
b. Lisan/ perbuatan
Bentuk
tugas
individu
Instrumen
|
|
|
|
6.
Kisah nabi Ismail As
|
Meneladani
kisah Nabi Ismail AS
|
-
Kisah Nabi Ismail AS
-
Hikmah yang dapat diambil dari kisah Nabi Ismail AS
-
Contoh perilaku yang menceerminkan sikap memlihara kehidupan Nabi Ismail
AS
|
|
-
Menceritakan kembali kisah Nabi Ismail AS
-
Menyebutkan hikmah yang dapat diambil dari kisah Nabi Ismail AS
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap mengalami kehidupan Nabi Ismail
AS
|
Lembar pengamatan
|
|
|
|
7.
Sifat tercela malas dan sombong
|
Terbiasa
menjauhi sifat malas dan sombong
|
-
Pengertian malas dan sombong
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi sifat malas dan bohong
|
|
-
Menyebutkan pengertian malas dan sombong
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi sifat malas dan
sombong
|
|
|
|
|
8.
Adab mandi
|
Membiasakan
mandi dan berpakaian dengan baik
|
-
Adab/tata cara mandi dan berpakaian
-
Contoh perilaku yang mencerminkan kebersihan dan kerapihan
|
|
-
Menyebutkan tata cara mandi dan berpakain yang baik
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap mencintai kebersihan dan
kerapihan
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
b.
Lisan/
|
|
|
|
9.
Basmallah dan Hamdallah
|
Membiasakan
diri dengan kalimah basmallah dan hamdallah
|
-
Pengertian basmallah dan hamdallah
-
Contoh perilaku yang menceerminkan sikap penghayatan terhadap basmallah
dan hamdallah
|
|
-
Melafalkan bacaan basmallah dan hamdallah
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap
basmallah dan hamdallah
|
|
|
|
|
MATA PELAJARAN :
AQIDAH AKHLAK
KELAS :
II
SEMESTER :
I (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER/ BAHAN/ ALAT
|
KET
|
1.
Alloh maha dahulu berbeda dengan makhluk dan maha pemelihara
|
Memahami
dan meyakini bahwa Allah itu maha dahulu berbeda dengan makhluk dan maha
pemelihara dengan benar
|
-
Pengertian Allah Maha dahulu, berbeda dengan makhluk dan Allah Maha
Pemelihara
|
-
Guru menjelaskan pengertian Allah Maha Dahulu
-
Allah Maha berbeda dengan makhluk
-
Allah Maha Pemelihara
-
Contoh prilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap Allah Maha
Dahulu
|
Menyebutkan
pengertian
-
Allah Maha Dahulu
-
Allah berbeda dengan makhluk
-
Allah Maha Pemelihara
Menunjukan
perilaku yang menceerminkan sikap penghayatan terhadap Allah Maha Dahulu
berbeda dengan makhluk dan Allah Maha Pemelihara
|
Jenis tes
a.
Tertulis
c.
Pengetahuan
Bentuk ulangan harian
Instrumen
-
Isian
-
Uraian terbatas
b. lisan/ perbuatan
Bentuk
tugas
individu
Instrumen
lembar
pengamatan
|
|
Buku
Aqidah Akhlak MDA untuk kelas II
Karangan
:
M.
Sumitro S.Pd.I dkk
Buku
yang relevan
|
|
2.
Iman kepada Allah
|
Memahami
dan meyakini kitab-kitab Allah dan mampu mengamalkan dalam kehidupan
sehari-hari
|
-
Pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
-
Nama-nama kitab Allah dan penerimaannya
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap mengimani kitab Allah
|
-
Guru menjelaskan pengertian kitab Allah
-
Tanya jawab tentang nama nama-nama kitab Allah dan penerimanya
-
Memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap mengimani kitab Allah
|
-
Menyebutkan pengertian iman kepada Kitab Allah
-
Menyebutkan nama-nama kitab Allah dan penerimanya
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap mengimani kitab Allah
|
|
|
|
|
3.
Kisah Nabi Yunus
|
Meneladani kehidupan kisah Nabi Yunus AS
|
-
Kisah Nabi Yunus AS
-
Hikmah yang dapat di ambil dari kisah nabi Yunus AS
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap meneladani kehiudpan Nabi Yunus
AS
|
-
Guru menceritakan kisah Nabi Yunus AS
-
Siswa menyimak cerita Nabi Yunus As
-
Guru memberikan contoh yang menceerminkan sikap meneladani kehidupan Nabi
Yunus AS
|
-
Menceritakan kembali kisah Nabi Yunus As
-
Menyebutkan hikmah yang dapat diambil dari kisah Nabi Yunus As
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap meneladani Nabi Yunus As
|
|
|
|
|
4.
Syukur adil dan ikhlas
|
Membiasakan
diri dengan sikap terpujir
|
-
Pengertian syukur, adil dan ikhlas
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap syukur, adil dan ikhlas
|
|
-
Siswa dapat mengeetahui tentang syukur, adil dan ikhlas
-
Siswa dapat menunjukkan perilaku yang menceeerminkan sikap syukur, adil
dan ikhlas
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
(Pengertian
hadis)
Bentuk
ulangan harian
Instrumen
-
Isian
-
Uraian terbatas
b. Lisan/ perbuatan
Bentuk
tugas
individu
Instrumen
lembar
pengamatan
|
|
|
|
5.
Kisah Nabi Daud AS
|
Siswa
mampu meneladani perilaku Rosul dalam kisah rosul dengan benar
|
-
Kisah Nabi Daud AS
-
Hikmah yang dapat di ambil dari kisah Nabi Daud AS
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap meneladani kehiudpan Nabi Daud AS
|
|
-
Siswa dapat menceritakan kembali kisah Nabi Daud AS
-
Siswa dapat menyebutkan pelajaran yang diambil dalam kisah Nabi Daud AS
-
Siswa dapat menunjukkan perilaku yang menceerminkan sikap meneladani
kehidupan Nabi Daud AS
|
|
|
|
|
6.
Tamak dan Boros
|
Siswa
mampu dan terbiasa menjauhkan diri dari sifaat tercela
|
-
Pengertian tamak
-
Pengertian boros
-
Contoh perilaku yang menceerminkan sifat boros
|
|
-
Siswa dapat menyebutkan pengertian sifat tamak dan boros dengan benar
-
Siswa dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi sifat
tamak dan boros
|
|
|
|
|
7.
Adab di jalan
|
Siswa
mampu membiasakn tertib dan sopan di jalan dengan baiks
|
-
Kebiasaan yang baik jika berjumpa dan berpisah
-
Hal-hal yang baik dilakukan ketika berada dijalan
-
Menunjukkan perilaku yang tertib dan sopan di jalans
|
|
-
Siswa dapat menyebutkan kebiasaan yang baik jika berjumpa dan berpisah
-
Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang baik dilakukan ketika berada di
jalan
-
Siswa dapat menunjukan perilaku yang tertib dan sopan di jalan
|
|
|
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER/ BAHAN/ ALAT
|
KET
|
8.
Kalimat thayibah
9.
Adab sebelum dan sesudah tidur
|
Siswa
mampu membiasakan diri mengucapkan kalimat thayyibah dalam kehidupan
sehari-hari
Membiasakan
diri dengan adab sebelum dan sesudah tidur
|
-
Kalimat istighfar tasbih dan tahlil
-
Perilaku yang mencerminkan sikap sebagai penjiwaan terhadap istighfar,
tasbih dan tahlil
-
Bacaan istighfar
-
Bacan tasbih
-
Bacaan tahlil
-
Kebiasaan yang baik sebelum dan sesudah tidur
-
Sikap penghayatan terhadap kebiasaan yang baik sebelum dan sesudah tidur
|
|
-
Siswa dapat menghafal kalimat istighfar, tasbih dan tahlil dengan fasih
-
Siswa dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap sebagai
penjiwaan terhadap istighfar, tasbih dan tahlil
-
Siswa dapaat menulis bacaan istighfar, tasbih dan tahlil dengan benar
-
Siswa menyebutkan kebiasaan yang baik dilakukan sebelum dan sesudah tidur
-
Siswa dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan
terhdap adab sebelum dan sesudah tidur
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
(Pengertian
hadis)
Bentuk
ulangan harian
Instrumen
-
Isian
-
Uraian terbatas
b. Lisan/ perbuatan
Bentuk
tugas
individu
Instrumen
|
|
|
|
MATA PELAJARAN :
AQIDAH AKHLAK
KELAS :
II
SEMESTER :
II (Genap)
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER/ BAHAN/ ALAT
|
KET
|
1.
Iman Kepada Allah SWT
|
Siswa
mampu memahami dan meyakini bahwa Allah maha kekal, Allah berdiri sendiri dan
Allah maha hidup penyelamat dan pemberi rizki dengan alasan dan bukti yang
sederhana
|
-
Alasan secara logis bahwa Allah maha kekal, berdiri sendiri, maha hidup,
penyelamat dan pemberi rizki
-
Bukti sederhana bahwa Allah maha kekal, berdiri sendiri, maha hidup,
penyelamat dan pemberi rizki
-
Perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Alah maha kekal, Allah
berdiri sendiri, Allah maha hidup, Alah penyelamat dan pemberi rizki
|
-
|
-
Siswa dapat menyebutkan alasan secara logis bahwa Allah maha kekal,
berdiri sendiri, maha hidup, penyelamat dan pemberi rizki
-
Siswa dapat menyebutkan bukti sederhana bahwa Allah maha kekal, berdiri
sendiri, maha hidup, penyelamat dan pemberi rizki
-
Siswa dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan bahwa Allah maha
kekal, berdiri sendiri, maha hidup, penyelamat dan pemberi rizki
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
c.
Pengetahuan
Bentuk ulangan harian
Instrumen
-
Isian
-
Uraian terbatas
b. lisan/ perbuatan
Bentuk
tugas
individu
Instrumen
lembar
pengamatan
|
|
Buku
Aqidah Akhlak MDA untuk kelas II
Karangan
:
M.
Sumitro S.Pd.I dkk
Buku
yang relevan
|
|
2.
Iman kepada Rosul
|
Siswa
mampu bagaiman dan meyakini adanya rosul
|
-
Pengertian Rosul
-
Sifat-sifat rosul
-
Arti dan sifat-sifat rosul
|
-
|
-
Siswa dapat menyebutkan pengertian rosul
-
Siswa dapat menyebtukan sifat-sifat rosul
-
Siswa dapat menyebtukan arti dan sifat-sifat rosul
|
|
|
|
|
3.
Kisah Nabi Yusuf AS
|
Siswa
mampu meneladani prilaku Rosul nabi Yusuf AS
|
-
Kisah nabi Yusuf AS
-
Pelajaran yang dapat diambil dari kisah Nabi Yusuf AS
-
Perilaku yang mencerminkan sikap keteladanan kehiduapn Nabi Yusuf AS
|
-
|
-
Siswa dapat menceritakan kembali kisah Nabi Yusuf AS
-
Siswa dapat menyebutkan pelajaran yang dapat diambil dari kisah Nabi
Yusuf AS
-
Siswa dapat menunjukkan perilaku yang menunjukkan perilaku yang
mencerminkan sikap keteladanan kehidupan Nabi Yusuf AS
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
(Pengertian
hadis)
Bentuk
ulangan harian
Instrumen
-
Isian
-
Uraian terbatas
b. Lisan/ perbuatan
Bentuk
tugas
individu
Instrumen
lembar
pengamatan
|
|
|
|
4.
Kisah Nabi Daud AS
|
Siswa
mampu membiasakan diri dengan sifat khusyu, tawadhu dan qona’ah
|
-
Arti khusyu dan qona’ah
-
Sifat khusyu tawwadhu dan qona’ah
|
-
|
-
Siswa dapat menyebutkan arti khusyu, tawadhu dan qona’ah
-
Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku yang mencerminkan sifat khusyu
tawadhu dan qona’ah
|
|
|
|
|
5.
Hasud dan kikir
|
Siswa
mampu menjauhkan diri dari sifat hasud dan kikir
|
-
Hasud dan kikir
|
-
|
-
Siswa dapat menyebtukan arti hasud dan kikir dengan benar
-
Siswa dapat menunjukan perilaku yang menceerminkan sikap menjauh dari
sifat hasud dan kikir
|
|
|
|
|
6.
Adab di mesjid
|
Siswa
mampu membiasakn memuliakan mesjid dengan benar
|
-
Pengertian mesjid
-
Ketika akan masuk mesjid
-
Adab di dalam mesjid
-
Adab ketika keluar dari mesjid
|
-
|
-
Siswa dapat menghafalkan do’a masuk dan keluar mesjid dengan fasih dan
benar
-
Siswa dapat menyebtukan hal-hal yang baik ketika berada di mesjid
-
Siswa dapat mempraktekkan perilaku yang mencerminkan sikap memuliakan
mesjid
|
|
|
|
|
7.
Kalimat tarji dan istinsya
|
Siswa
mampu membiasakan diri mengucapkan kalimat tarji dan istinsya
|
-
Kalimat tarji
-
Kalimat istinsya
|
-
|
-
Siswa dapat melafalkan kalimat tarji dan istinsya dengan fasih
-
Siswa dapat menulis kalimat tarji dan istinsya dengan benar
-
Siswa dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan penjiwaan terhadap
kalimat tarji dan istinsya dengan benar
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
b.
Lisan/
|
|
|
|
MATA PELAJARAN :
AQIDAH AKHLAK
KELAS :
III
SEMESTER :
I (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER/ BAHAN/ ALAT
|
KET
|
1.
Alloh berkuasa dan maha kuasa
|
Memahami
dan meyakini bahwa Allah berkuasa dan maha kuasa
|
-
Alasan sederhana bahwa Allah berkuasa dan maha kuasa
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap materi
bahwa Allah berkuasa dan maha kuasa
|
|
-
Menyebutkan alasan (logika) sederhana bahwa Allah berkuasa dan maha kuasa
-
Menunjukkan sikap perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap
materi bahwa Allah berkuasa dan maha kuasa
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
c.
Pengetahuan
Bentuk ulangan harian
Instrumen
-
Isian
-
Uraian terbatas
b. lisan/ perbuatan
Bentuk
tugas
individu
Instrumen
lembar
pengamatan
|
|
Buku
Aqidah Akhlak MDA untuk kelas II
Karangan
:
M.
Sumitro S.Pd.I dkk
Buku
yang relevan
|
|
2.
Allah
|
Memahami
dan meyakini bahwa Allah berkehendak dan maha berkehendak
|
-
Alasan (logika) sederhana bahwa Allah berkehendak dan maha berkehendak
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap materi bahwa
Allah berkehendak dan maha berkehendak
|
|
-
Menyebutkan alasan (logika) sederhana bahwa Allah berkehendak dan maha
berkehendak
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap materi
bahwa Allah berkehendak dan maha berkehendak
|
|
|
|
|
3.
berkehendak dan maha berkehendak
|
|
Alasan
(logika) sederhana bahwa Allah maha membukakan (pemberi jalan keluar
|
|
-
Menyebutkan alasan(logika) sderhana bahwa Allah maha membukakan (pemberi
jalan keluar)
|
|
|
|
|
4.
Allah maha membukakan
|
Memahami
dan meyakini bahwa Allah maha membukakan
|
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap materi bahwa
Allah maha membukakan
|
|
-
Menunjukkan perilaku yang
mencerminkan sikap penghayatan terhadap materi bahwa Allah maha membukakan
|
|
|
|
|
5.
Allah maha bijaksana
|
Memahami
dan meyakini bahwa Allah maha bijaksana
|
-
Lasan (logika) sederhana bahwa Allah maha bijaksana
-
Contoh perilaku yang mencerminkan
sikap penghayatan terhadap materi bahwa Allah maha bijaksana
|
|
-
Menyebutkan alasan (logika) sederhana bahwa Allah maha bijaksana
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap materi
bahwa Allah maha bijaksana
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
b.
Lisan/
|
|
|
|
6.
Kisah nabi Sulaeman As
|
Menauladani
kisah-kisah Rosul Allah
|
-
Menceritakan kembali kisah Nabi Sulaeman AS
-
Pelajaran yang dapat diambil dari kisah Nabi Sulaeman As
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap
-
menauladani Nabi Sulaeman AS
|
|
-
Menceritakan kembali kisah Nabi Sulaeman AS
-
Menyebutkan pelajaran yang dapat diambil dari kisah Nabi Sulaeman AS
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap menauladani Nabi Sulaeman AS
|
|
|
|
|
7.
Jujur, amanah dan menepati janji
|
|
-
Arti jujur, amanah, dan menepati janji
-
Contoh perilaku yang menerminkan sikap jujur, amanah dan menepati janji
-
Membiasakan diri dengan sifat-sifat terpuji
|
|
-
Menyebutkan arti jujur, amanah dan menepati janji
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap jujur, amanah dan menepati
janji
|
|
|
|
|
8.
Dzalim
|
Membiasakan
diri menjauhi sifat tercela
|
-
Perbuatan dzalim
-
Contoah perilaku yang mencerminkkan sikap menjauhi dzalim
-
|
|
-
Menyebutkan perbuatan dzalim
-
Menunjukkan perilaku yang menceerminkan sikap menjauhi dzalim
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
b.
Lisan/
|
|
|
|
9.
Adab berpuasa
|
Mengetahui
dan memahami adab berpuasa
|
-
Hal-hal yang baik selama berpuasa
-
Contoah perilaku yang mencerminkan sikap senang berpuasa
|
|
-
Menyebutkan hal-hal yang baik selama berpuasa
-
Menunjukkan perilaku yang menceerminkan sikap senang berpuasa
|
|
|
|
|
10. Kalimat thayibah
|
Membiasakan
diri dengan kalimat thayibah
|
-
Kalimat salam dengan fasih
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap salam
|
|
-
Membiasakan mengucapkan kalimat salam yang fasih
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap salam
|
|
|
|
|
MATA PELAJARAN :
AQIDAH AKHLAK
KELAS :
III
SEMESTER :
II (Genap)
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER/ BAHAN/ ALAT
|
KET
|
1.
Iman Kepada hari akhir / kiamat
|
Mengimani
adanya hari kiamat dengan alasan dan bukti sederhana
|
-
Alasan (logika) sederhana tentang adanya hari kiamat
-
Bukti-bukti sederhana adanya hari kiamat
-
Contoh yang mecerminkan sikap penghayatan terhadap adanya hari kiamat
|
|
-
Menyebutkan alasan (logika) sedrhana tentang adanya hari kiamat
-
Menyebutkan bukti sederhana tentang adanya hari kiamat
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap
penghayatan terhadap adanya hari kiamat
|
Jenis tes
a.
Tertulis
c.
Pengetahuan
Bentuk ulangan harian
Instrumen
-
Isian
-
Uraian terbatas
b. lisan/ perbuatan
Bentuk
tugas
individu
Instrumen
lembar
pengamatan
|
|
Buku
Aqidah Akhlak MDA untuk kelas II
Karangan
:
M.
Sumitro S.Pd.I dkk
Buku
yang relevan
|
|
2.
Allah berbicara dan maha berbicara
|
Memahami
dan meyakini bahwa Allah berbicara dan maha berbicara
|
-
Alasan (logika) sederhana Allah berbicara dan maha berbicara
-
Bukti-bukti sederhana Allah berbicara dan maha berbicara
|
-
|
-
Menyebutkan alasan (logika) sederhana Aallah berbicara dan maha berbicara
-
Menyebutkan bukti-bukti sederhana bahwa Allah berbicara dan maha
berbicaaara
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan materi bahwa
Allah berbicara dan maha berbicara
|
|
|
|
|
3.
Allah maha pengampun
|
Memahami
dan meyakini bahwa Allah maha pengampun
|
-
Alasan (logika) sederhana Aallah maha pengampun
Contoh
perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan materi bahwa Allah maha
pengampun
|
-
|
-
Menyebutkan alasan (logika) sederhanaAallah maha pengampun
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan materi bnahawa
Allah maha pengampun
-
|
|
|
|
|
4.
Kisah Nabi Shalih AS
|
Menauladani
kisah rosul
|
-
Kisah Nabi Shaleh AS
-
Pelajaran yang dapat diambil dari kisah Nabi Shaleh AS
-
Contoah perilaku yang mencerminkan sikap menauladani kehidupan Nabi
Shaleh AS
|
-
|
-
Menceritakan kembali kisah Nabi Shaleh AS
-
Menyebutkan pelajaran yang dapat
diambil daari kisah Nabi Shaleh AS
-
Menunjukkan perilaku yang
mencerminkan sikap menauladani kehidupan Nabi Shaleh AS
-
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
b.
Lisan/
|
|
|
|
5.
Pemurah, pengasih dan penyayang
|
Membiasakan
diri dengan sifat terpuji
|
-
Arti pemurah, pengasih dan
penyayang
-
Contoh perilaku pemurah, pengasih dan penyayang
|
|
-
Menyebutkan arti pemurah, pengasih dan penyaayang
-
Menunjukkan perilaku pemurah, pengasih dan penyayang
-
|
-
|
|
|
|
6.
kisah Nabi Harun AS
|
Menauladani
kisah rosul
|
-
Kisah Nabi Harun AS
-
Pelajaran yang dapat diambil dari kisah Nabi Harun AS
-
Contoh perilaku yang mencerminkan menaauladani kehidupan Nabi Harun AS
|
|
-
Menceritakan kembali kisah Nabi Harun AS
-
Menyebutkan pelajaran yang dapat diambil dari kisaah Nabi Harun AS
-
Menunjukkan perilaku yang
-
mencerminkan sikap menauladani kehidupan Nabi Harun AS
|
-
|
|
|
|
7.
Acuh tak acuh
|
Membiasakan
menjauhi diri daari sifat tercela
|
-
Pengertian acuh tak acuh dan ingkar janji
Contoh
perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi sifat acuh tak acuh dan ingkar
janji
|
|
-
Menyebutkan pengertian acuh tak acuh dan ingkar janji
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi sifat acuh tak acuh
dan ingkar janji
|
-
|
|
|
|
8.
Adab membaca Al-Qur’an
|
Mengetahui
dan memahami adab membaca Al-Qur’an
|
-
Hal-hal yang baik ketika akan sedang dan setelah membaca Al-Qur’an
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap senang membaca Al-Qur’an
|
|
-
Menyebutkan hal-hal yang baik ketika akan, sedang setelah membaca
Al-Qur’an
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap senang membaca Al-Qur’an
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
b.
Lisan/
|
|
|
|
9.
Tahlil dan hauqalah
|
Membiasakan
diri dengan kalimah thayyibaah
|
-
Kalimat tahlil dan hauqalah
-
Contoh perilaku penghayatan terdapat kalimat tahlil dan hauqalah
|
|
-
Melafalkan kalimat tahlil dan hauqalah
-
Menunjukkan perilaku penghayatan terhadap kalimat tahlil dan hauqalah
|
|
|
|
|
10. Adab berdo’a
|
Mengetahui
dan memahami adab ketika berdo’a
|
-
Hal-hal yang baik ketika akan, sedang dan selesai berdo’a
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap do’a
|
|
-
Menyebutkan hal-hal yang baik ketika akan sedang dan selesai berdo’a
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap do’a
|
|
|
|
|
MATA PELAJARAN :
AQIDAH AKHLAK
KELAS :
IV
SEMESTER :
I (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER/ BAHAN/ ALAT
|
KET
|
1.
Al-Qur’an sebagai wahyu Allah
|
Memahami
dan mengimani Al-Qur’an sebagai wahyu Allah
|
-
Pengertian Al-Qur’an
-
Sejarah singkat turunnya Al-Qur’an
-
Isi kandungan Al-Qur’an
-
Fungsi turunnya Al-Qur’an
-
Keistimewaan Al-Qur’an
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap mengimani Al-Qur’an
|
-
Guru menjelaskan pengertian Al-Qur’an secara bahasa dan istilah
-
Guru menjelaskan sejarah singkat turunnya Al-Qur’an
-
Siswa menyebutkan isi kandungan Al-Qur’an dengan bimbingan guru
-
Guru menjelaskan fungsi di turunkannya Al-Qur’an
-
Guru menjelaskan keistimewaan Al-Qur’an
-
Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap mengimani
Al-Qur’an
|
-
Menyebutkan pengertian Al-Qur’an secara bahasa dan istilah
-
Menyebutkan sejarah turunnya Al-Qur’an
-
Menyebutkan isi kandungan Al-Qur’an
-
Menyebutkan fungsi diturunkannya Al-Qur’an
-
Menyebutkan keistimewaan Al-Qur’an
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap
Al-Qur’an
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
c.
Pengetahuan
Bentuk
ulangan harian
Instrumen
-
Isian
-
Uraian terbatas
b. lisan/ perbuatan Bentuk
tugas
individu
Instrumen
lembar
pengamatan
|
|
Buku
Aqidah Akhlak MDA untuk kelas II
Karangan
:
M.
Sumitro S.Pd.I dkk
Buku
yang relevan
|
|
2.
Allah maha Allim
|
Memahami
dan meyakini bahwa Allah maha allim dengan alasan dan bukti sederhana
|
-
Pengertian Allah maha Allim
-
Alasan (logika) Allah maha Allim
-
Bukti-bukti sederhana bahwa Allah maha Allim
-
Dalil naqli bahwa Allah maha Allim
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha
Allim
|
-
Guru menjelaskan pengertian (logika) bukti-bukti sederhana dan dalil
naqli bahwa Allah maha Allim
-
Siswa menyimak penjelasan guru
-
Berlatih mengucapkan dalil naqli bahwa Allah maha Allim
-
Guru memberikan contoh perilaku yang menceerminkan sikap penghayaatan
bahwa Allah maha Allim
|
-
Menyebutkan pengertian bahwa Allh maha Allim
-
Menyebutkan alasan (logika) sederhana bahwa Allah maha Allim
-
Menyebutkan bukti-bukti sederhana bahwa Allah maha Allim
-
Melafalkan dalil naqli bahwa Allah maha Allim
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan bahwa Allah maha Allim.
|
|
|
|
|
3.
Allah maha hidup
|
Memahami
dan meyakini bahwa Allah maha hidup dengan alasan dan bukti-bukti sederhana
|
-
Pengertian Allah maha hidup
-
Alasan (logika) sederhana bahwa Allah maha hidup
-
Bukti-bukti sederhana bahwa Allah maha hidup
-
Dalil naqli tentang Aallah maha hidup
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha
hidup
|
-
Guru menjelaskan pengertian, alasan (logika) bukti-bukti sederhana dan
dalil naqli tentang Allah maha hidup
-
Siswa menyimak penjelasan guru
-
Siswa berlatih melafalkan dalil naqli teentang Allah maha hidup
-
Guru memberikan contoh perilaku sederhana yang mencerminkan sikap
penghayatan bahwa Allah maha hidup
|
-
MENYEBUTKAN PENGERTIAN Allah maha hidup
-
Menyebutkan alasan(logika) sederhana bahwa Allh maha hidup
-
Menyebutkan bukti bahwa Allah maha hidup
-
Melafalkan dalil naqli bahwa Allah maha hidup
-
Menunjukkan perilaku yang menceeerminkan sikap penghayatan materi bahwa Allah
maha hidup
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
b.
Lisan/
|
|
|
|
4.
Allah maha pelindung
|
Memahami
dan meyakini bahwa Allah maha pelindung dengan alasan dan bukti-bukti
sederhana
|
-
Pengertian Allah maha pelindung
-
Alasan (logika) sederhana bahwa Allah maha pelindung
-
Bukti-bukti sederhana bahwa Allah maha pelindung
-
Dalil naqli tentang Allah maha pelindung
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha
pelindung
|
-
Guru menjelaskan pengertian, alasan (logika) sederhana, bukti-bukti,
sederhana dan dalil naqli teentang Allah maha pelindung
-
Siswa menyimak penjelasan guru
-
Siswa berlatih melafalkan dalil naqli tentang Allah maha pelindung
-
Guru memberikan contoh perilaku sederhana
yang menceerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha pelindung
|
-
Menyebutkan pengertian Allah maha pelindung
-
Menyebutkan alasa (logika)
sederhana bahwa Allah maha pelindung
-
Menyebutkan bukti-bukti bahwa Allah maha pelindung
-
Melafalkan dalil naqli tentnag Allah maha pelindung
-
Menunjukkan perilaku yang menceerminkan sikap penghayatan materi bahwa
Allah maha pelindung
|
|
|
|
|
5.
Allah maha mulia
|
Memahami
dan meyakini bahwa Allah maha mulia dengan alasan dan bukti-bukti sederhana
|
-
Pengertian Allah maha mulia
-
Alasan (logika) sederhana bahwa Allah mahamulia
-
Bukti-bukti sederhana bahwa Allah maha mulia
-
Dalil naqli tentang Allah maha mulia
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha
mulia
|
-
Guru menjelaskan pengertian, alasan, (logika) sederhana, bukti-bukti
sederhana dan dalil naqli bahwa Allah maha mulia
-
Siswa menyimak penjelasan guru
-
Melafalkan dalil naqli secara klasikal
-
Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa
Allah maha mulia
|
-
Menyebutkan penertian Allah maha mulia
-
Menyebutkan alasan (logika) sederhana bahwa Allah maha mulia
-
Menyebutkan bukti-bukti sederhana bahwa Allah maha mulia
-
Secara perorangan siswa melafalkan dalil naqli bahwa Allah maha mulia
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha
mulia
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
b.
Lisan/
|
|
|
|
6.
Kisah Nabi Ibrahim AS
|
Meneladani
kehidupan Nabi Ibrahim AS
|
-
Kisah Nabi Ibrahim AS
-
Sifat-sifat Nabi Ibrahim AS
-
Keistimewaan Nabi Ibrahim AS
-
Hikmah yang diambil dari kisah Nabi Ibrahim AS
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap memahami kehidupan nabi Ibrahim
AS
|
-
Guru bercerita tentang kisah Nabi Ibrahim AS dan sifat-sifatnya juga
keistimewaannya Nabi Ibrahim AS beserta hikmah yang dapat di ambil dari kisah
Nabi Ibrahim AS
-
Siswa menyimak penjelasan guru
-
Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan skap meneladani
kehidupan Nabi Ibrahim AS
|
-
Meneritakan kembali kisah Nabi Ibrahim AS
-
Menyebutkan sifat-sifat nabi Ibrahim AS
-
Menyebutkan keistimewaan Nabi Ibrahim AS
-
Menyebutkan pelajaran yang dapat diambil dari kisah Nabi Ibrahim AS
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap meneladani kehidupan Nabi
Ibrahim AS
|
|
|
|
|
7.
Bertanggung jawab dan berani menegakkan kebenaran
|
Membiasakan
diri bertanggung jawab dan berani menegakkan kebenaran
|
-
Pengertian bertanggung jawab dan berani menegakkan kebenaran
-
Dalil naqli tentang tanggung jawab dan berani menegakkan kebenaran
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap bertanggung jawab dan berani
menegakkan kebenaran
|
-
Guru menjelaskan pengertian tanggung jawab dan berani menegakan kebenaran
-
Guru melafalkan dalil naqli tentang tanggung jawab dan berani menegakkan
kebenaran dan siswa menirukannya
-
Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap bertanggung jawab
dan berani menegakkan kebenaran
|
-
Menyebutkan pengertian tanggung jawab dan berani menegakkan kebenaran
-
Menyebutkan pengertian tanggung jawab dan berani menegakkan kebenaran
-
Melafalkan dalil naqli tentang tanggung jawab dan berani menegakkan
kebenaaran
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab dan berani
menegakkan kebenaran
|
|
|
|
|
8.
Kisah Nabi Ibrahim AS
|
Meneladani
keteguhan hati keluarga Siti Masyithah
|
-
Kisah Siti Masyithah
-
Sifat-sifat Siti Masyithah
-
Hikmah yang dapat di ambil dari kisah keluarga Siti Masyithah
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap meneladani keteguhan haati
keluarga Siti Masyithah
|
-
Guru bercerita tentang kisah keluarga Siti masyithah
-
Siswa menyimak cerita yang dikisahkan oleh guru
-
Guru memberi contoh perilaku yang menceerminkan sikap meneladani
keteguhan hati keluarga Siti Masyithah
|
-
Menceeritakan kembali kisah Siti Masyithah
-
Menyebutkan sifat-sifat Siti Masyithah
-
Menyebutkan hikmah yang dapat diambil dari kisah keluarga Siti masyithah
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap meneladani keteguhan hati
keluarga Siti Masyithah
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
b.
Lisan/
|
|
|
|
9.
Tajassus dan fitnah
|
Terbiasa
menjauhkan diri dari sifat-sifat teercela
|
-
Pengertian tajassus dan fitnah
-
Dalil naqli tentang tajassus dan fitnah
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi tajassus dan fitnah
|
-
Guru menjelaskan tentang pengertian tajassus dan fitnah
-
Guru mengemukakan dalil naqli tentang tajassus dan fitnah
-
Sisw berlatih melafalkan dalil naqli tentag tajassus dan fitnah
-
Guru memberrkan contoh yang mencerminkan menjauhi sifat tajassus dan
fitnah
|
-
Menyebutkan pengertian tajassus dan fitnah
-
Menyebutkan dalil naqli tentang tajassus dan fitnah
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi tajassus dan fitnah
|
|
|
|
|
10. Kisah Nabi Musa AS
|
Meneladani
kehidupan nabi Musa AS
|
-
Kisah Al-Musa AS
-
Sifat-sifat Al-Musa AS
-
Hikmah yang dapat diambil dari kisah Al-Musa AS
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap meneladani kehidupan Al-Musa AS
|
-
Guru bercerita tenatang kisah nabi Musa AS sifat-sifatnya nabi Musa AS,
dan hikmah byang dapat diambil dari kisah Al-Musa AS
-
Guru memberrikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap meneladani
kehidupan Nabi Musa AS
|
-
Menceeritakan kembali kisah Nabi Musa AS
-
Menyebutkan sifat-sifat Nabi Musa AS
-
Menyebutkan pelajaran yang dapat di ambil dari kisah Nabi Musa AS
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap meneladani kehidupan Nabi
Musa AS
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
b.
Lisan/
|
|
|
|
11. adab berbakti kepada orang tua
|
Mengetahui
dan memahami adab berbakti kepad orang tua
|
-
Jasa kjedua orang tua kepad kita
-
Kewajiban anak kepada kedua orang tua
-
Do’a untuk kedua orang tua beserta artinya
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap berbakti kepada kedua orang tua
|
-
Guru bertanya jawab tentang jasa kedua orang tua kita
-
Guru menjelaskan kewajiban anak kepada kedua orang tua
-
Siswa berlatih melafalkan do’a untuk kedua orang tua beserta artinya
-
Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap berbakti kepada
kedua orang tua
|
-
Menyebutkan jasa kedua orang tua
-
Menyebutkankewajiban anak kepada kedua orang tua
-
Hafal do’a untuk kedua orang tua beserta artinya
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap berbakti kepada kedua orang
tua
|
|
|
|
|
12. Ucapan /do’a ketika ta’jub
|
a. Pengertian ta’jub
b. Do’a-do’a yang diucapkan ketika
ta’jub
c. Contoh perilaku yang
mencerminkan sikap penghayatan terhadap kalimat ta’jub
|
-
Guru menjelaskan pengertian ta’jub
-
Mengungkapkan do’a ketika ta’jub
-
Siswa berlatih menirukan bacaan guru
-
Memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap
kalimat ta’jub
|
-
Menyebutkan pengertian ta’jub
-
Menyebutkan do’a-do;a yang diucapkan ketika ta’jub
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap kalimat
ta’jub
|
-
|
|
|
|
|
13. Membiasakn diri dengan kalimat
thayyibah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MATA PELAJARAN :
AQIDAH AKHLAK
KELAS :
IV
SEMESTER :
II (Genap)
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER/ BAHAN/ ALAT
|
KET
|
1. Iman Kepada
qadha dan qadar
|
Memahami dan meyakini qadha dan qadar
serta dapat menerapkakn dalam kehidupan seehari-hari
|
- Pengertian
qadha dan qadar
- Guru
mengemukakan contoh peristiwa yang berkaitan dengan qadha dan qadar
- Dalil naqli
tentang qadha dan qada
- Menjelaskan
hikmah beriman qadha dan qadar
- Contoh perilaku
yang mencerminkan sikap iman kepada qadha dan qadar
|
- Guru
menjelaskan pengertian qadha dan qadar
- Guru
mengemukakan contoh peristiwa yang berkaitan dengan dengan qadha dan qadar
- Melafalkan
dalil naqli tentang qadha dan qadar
- Menjelaskan
hikmah beriman kepada qadha dan qadar
- Memberri contoh
perilaku yang mencerminkan sikap iman kepad qadha dan qadar
|
- Menyebutkan
pengertian qadha dan qadar
- Menyebutkan
contoh peristiwa yang berkaitan dengan qadha dan qadar
- Menyebutkan
dalil naqli tentang qadha dan qadar
- Menyebutkan
hikmah beriman kepada qadha dan qadar
- Menunjukkan
perilaku yang mencerminkan sikap iman kepada qadha dan qadar
|
Jenis tes
a. Tertulis
Pengetahuan
Bentuk ulangan harian
Instrumen
-
Isian
-
Uraian terbatas
b.
Lisan/ perbuatan
Bentuk
tugas individu
Tugas kelompok
Instrumen
Lembar pengamatan
|
|
Buku Aqidah Akhlak MDA untuk kelas II
Karangan :
M. Sumitro S.Pd.I dkk
Buku yang relevan
|
|
2. Allah maha
mendengar
|
Memahami dan meyakini bahwa Allah maha
mendengar dengan alasan dan bukti-bukti sederhana serta dapat menerapkannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
- Pengertian
Allah maha mendengar
- Alasan (logika)
sederhana bahwa Allah maha mendengar
- Bukti-bukti
sederhana bahwa Allah maha mendengar
- Dalil naqli
tentnag Allah maha mendengar
- Contoh perilaku
yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha mendengar
|
- Guru
menjelaskan pengertian alasan (logika) sederhana bukti-bukti sederhana dan
dalil naqli tentang Allah maha mendengar
- Siswa menyimak
penjelasan guru
- Siswa
melafalkan dalil naqli tentang Allah maha mendengar
- Memberikan
contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Aaallah maha
mendengar
|
- Menyebutkan
pengertian bahwa Allah maha mendengar
- Menyebutkan
alasan (logika) sederhana bahwa Allah maha mendengar
- Menyebutkan
dalil naqli tentang Allah maha mendengar
- Menunjukkan
perilaku sikap penghayatan bahwa Allah maha mendengar
|
|
|
|
|
3.
Kisah Nabi Isa AS
|
Meneladani
kehidupan Nabi Isa AS
|
-
Kisah Nabi Isa AS
-
Sifat-sifat nabi Isa AS
-
Hikmah yang dapat diambil dari kisah Nabi Isa AS
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap meneladani kehidupan Nabi Isa AS
|
-
Guru menceritakan kisah nabi Isa As
-
Guru menjelaskan tentang sifat nabi Isa As dan hikmah yang dapat di ambil
dari kisah Nabi Isa AS
-
Guru memberikan contoh yang mencerminkan sikap meneladani kehidupan Nabi
Isa AS
|
-
Menceritakan kembali kisah Nabi Isa AS
-
Menyebutkan sifat-sifat nabi Isa AS
-
Menyebutkan pelajaran yang dapat diambil dari kisah nabi Isa AS
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sika meneladani kehidupan Nabi Isa
AS
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
b.
Lisan/
|
|
|
|
4.
Allah maha melihat
|
Memahami
dan meyakini bahwa Allah maha melihat serta dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari
|
-
Pengertian Allah maha melihat
-
Alasan (logika) sederhana bahwa Allah maha melihat
-
Bukti-bukti sederhana bahwa Allah maha melihat
-
Dalil naqli tentang Allah maha melihat
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha
melihat
|
-
Guru menjelaskan pengertian Allah maha melihat
-
Alasan dan bukti sederhana dan melafalkan dalil naqli tentang Allah maha
melihat
-
Siswa menyimak penjelasan guru dan menirukan bacaan dalil naqli lalu di
hafal
-
Guru memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa
Allah maha melihaat
|
-
Menyebutkan pengertian Allah maha melihat
-
Menyebutkan alasan (logika) sederhana bahwa Allah maha melihat
-
Menyebutkan bukti-bukti sederhana bahwa Allah maha melihat
-
Melafalkan dalil naqli tentang Allah maha melihat
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Allah maha
melihat
|
|
|
|
|
5.
Kisah Ash-Habul Kahfi
|
Meneladani
kisah Ash-habul kahfi
|
-
Kisah Ash-Habul Kahfi
-
Pelajaran yang dapat diambil dari kisah Ash-Habul Kahfi
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap meneladani Aash-Habul Kahfi
|
-
Kisah Ash-Habul Kahfi
-
Siswa menyimak cerita Ash-habul kahfi
-
Guru memberikan contoh yang mencerminkan Ash-habul kahfi
|
-
Menceeritakan kembali kisah Ash-habul Kahfi
-
Menyebutkan pelajaran yang dapat diambil dari kisah Ash-habul kahfi
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap meneladani Ash-Habul Kahfi
|
|
|
|
|
6.
Allah maha lemah lembut
|
Memahami
dan meyakini bahwa Allah maha lemah lembut serta dapat menerapaknan dalam
kehidupan sehari-hari
|
-
Pengertian Allah maha lemah lembut
-
Alasan (logika) sederhana Allah maha lemah lembut
-
Dalil naqli bahwa Allah maha lemah lembut
-
Contoh perilaku yang mencerminkan
siakp penghayatan bahwa Allah maha lembah lembut
|
-
Guru menjelaskan pengertian Allah
maha lemah lembut
-
Guru menjelaskan alasan (logika) sederhana bahwa Allah maha lemah lembut
-
Melafalkan dalil aqli tentang Allah maha lemah lembut
-
Memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa
Allah maha lemah lembut
|
-
Menyebutkan pengertian Allah mahalemah lembut
-
Menyebutkan alasan (logika) sederhana bahwa Allah mahalemah lembut
-
Menyebutkan dalil naqli bahwa Allah maha lemah lembut
-
Menunjukkan perilaku yang menceerminkan sikap penghayatan bahwa Allah
maha lemah lembut
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
b.
Lisan/
|
|
|
|
7.
Persatuan dan persaudaraan
|
Membiasakan
diri dengan akhlak terpuji
|
-
Pengertian mencintai persatuan dan persaudaraan
-
Dalil naqli tentang persatuan dan persaudaraan
-
Contoh perilaku yang menceerminkan sikap mencintai persatuan dan
persaudaraan
|
-
Guru menjelaskan teentang persatuan dan persaudaraan
-
Melafalkakn dalil naqli tentang persatuan dan persaudaraan
-
Memberikan contoh perilaku yang menceeerminkan sikap mencintai persatuan
dan persaudaraan
|
-
Menyebutkan pengertian mencintai persatuan dan persaudaraan
-
Hafal dalil naqli tentang persatuan dn persaudaraan
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap mencintai persatuan dan
persaudaraan
|
|
|
|
|
8.
Adab bertamu dan menerima tamu
|
Mengetahui
dan memahami adab bertamu
|
-
Pengertian bertamu dan menerima tamu
-
Tata cara (adab) bertamu dan menerima tamu
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap seorang tamu yang beradab
|
-
Guru menjelaskan pengertian adab bertamu dan menerima tamu
-
Tanya jawab tentang tata cara bertamu dan menerima tamu
-
Guru memberikan contoh cara bertamu dan menerima tamu yang baik
|
-
Menyebutkan pengertian adab bertamu dan menerima tamu
-
Menyebutkan tata cara (adab) bertamu dan menerima tamu
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap seorang tamu yang beradab
|
|
|
|
|
9.
Dendam dan adu domba
|
Terbiasa
menjauhkan diri dari sifat-sifat tercela
|
-
Pengertian dendam
-
Sifat-sifat tercela yang mengiringi dendam
-
Pengertian adu domba
-
Dalil naqli tentang dendam dan adu domba
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi dendam dan adu domba
|
-
Guru menjelaskan pengertian sifat-sifat tercela yaitu dendam dan adu
domba
-
Melafalkan dalil naqli tentang dendam dan adu domba
-
Memberikan contoh prilaku yang mencerminkan sikap menjauhi dendam dan adu
domba
|
-
Menyebutkan pengertian dendam dan adu domba
-
Menyebutkan sifat-sifat tercela yang mengiringisifat dendam
-
Melafalkan dalil naqli tentang dendam dan adu domba
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi dendam dan adu
domba
|
Jenis
tes
a.
Tertulis
b.
Lisan/
|
|
|
|
10. Adab menjenguk orang sakit
|
Mengetahui
dan memahami (adab) menjenguk orang sakit
|
-
Hak seorang muslim terhadap muslim lalinnya
-
Tata cara dan kebiasaan yang baik ketika menjenguk orang sakit
-
Do’a ketika menjenguk orang sakit
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap peduli terhadaporang sakit
|
-
Guru menjelaskan adab menjenguk orang sakit
-
Tanya jawab tentang tata cara yang baik ketika menjenguk orang sakit
-
Memberi contoh perilaku yang mencerminkan sikap peduli terhadap orang
sakit
|
-
Menyebutkan hak seorang muslim terhadap muslim lainnya
-
Mengetahui tatacaara yang baik ketika menjenguk orang sakit
-
Hafal do’a ketika menjenguk orang sakit
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap peduli terhadap orang sakit
|
|
|
|
|
11. Kalimat takbir dan tasbih
|
Membiasakn
diri dengan kalimat takbir dan tasbih
|
-
Pengertian takbir dan tasbih
-
Contoh perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap makna takbir
dan tasbih
|
-
Guru menjelaskan pengertian takbir dan tasbih
-
Siswa berlatih melafalkan kalimat takbir dan tasbih
-
Memberi contoh perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap makna
takbir dan tasbih
|
-
Menyebutkan pengertian takbir dan tasbih
-
Melafalkan kalimat takbir dan tasbih
-
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadp makna takbir
dan tasbih
|
|
|
|
|
apakah ini menggunakan kurikulum2013 ?
ReplyDelete